Tautan-tautan Akses

Berpenghasilan Rp 722 Miliar, Jennifer Lawrence Aktris dengan Bayaran Termahal


Jennifer Lawrence dalam acara konferensi pers Twentieth Century Fox di Comic Con 2015 di San Diego bulan Juli lalu.

Jennifer Lawrence dalam acara konferensi pers Twentieth Century Fox di Comic Con 2015 di San Diego bulan Juli lalu.

Bintang "Hunger Games" Jennifer Lawrence menduduki peringkat puncak daftar aktris dengan bayaran termahal di dunia oleh majalah Forbes, meraup $52 juta (Rp 722,6 miliar) dalam setahun terakhir. Tapi jumlah itu masih jauh lebih rendah dibanding penghasilan aktor berbayaran tertinggi.

Lawrence, yang memenangkan Oscar tahun 2013 atas perannya di "Silver Linings Playbook" juga menerima penghasilan sebagai wajah bagi perusahaan kecantikan dan mode Dior. Tapi jumlah penghasilan totalnya kalah jauh dari hampir $80 juta dolar (Rp 1,1 triliun) yang diraih bintang "Iron Man" Robert Downey Jr. Ia menduduki peringkat teratas daftar Forbes sebagai aktor dengan bayaran termahal.

Lawrence, 25 tahun, menjadi berita tahun lalu setelah peretasan terhadap email Sony Pictures mengungkap bahwa ia menerima bagian keuntungan lebih kecil dari film "American Hustle" dibanding rekan-rekan prianya.

Forbes mencatat bahwa hanya empat dari perempuan dalam daftar bayaran termahal, yang juga menggabungkan penghasilan dari film, televisi, iklan dan sumber-sumber lainnya, menghasilkan lebih dari $20 juta sementara 21 aktor pria mampu mencetak jumlah tersebut.

Di posisi kedua aktris berbayaran tertinggi adalah Scarlett Johansson, dengan perkiraan penghasilan $35,5 juta, dan bintang "Mike & Molly" Melissa McCarthy dengan $23 juta, menurut Forbes.

Di posisi keempat dan kelima dalam daftar Forbes adalah Bingbing Fan dari China yang tampil di "X-Men: Days of Future Past" ($21 juta), dan mantan bintang "Friends" Jennifer Aniston ($16,5 juta), yang juga meraih penghasilan dari promosi kosmetik dan air kemasan.

Aktris berpenghasilan tertinggi tahun lalu, Sandra Bullock, turun menjadi $8 juta dari $51 juta.

Forbes memperkirakan penghasilan para bintang tersebut dari 1 Juni 2014 hingga 1 Juni 2015 sebelum dipotong biaya manajemen dan pajak, berdasarkan data dari Nielsen, Box Office Mojo dan IMDB, juga dari wawancara dengan para agen, manajer dan pengacara mereka.

XS
SM
MD
LG