Tautan-tautan Akses

Jenderal Thailand Bantah Terlibat Penyelundupan Migran


Letnan Jenderal Manas Kongpan (tengah) saat menyerahkan diri kepada polisi di Bangkok, Rabu (3/6).

Letnan Jenderal Manas Kongpan (tengah) saat menyerahkan diri kepada polisi di Bangkok, Rabu (3/6).

Letnan Jenderal Manas Kongpan menyangkal tuduhan ia terlibat dalam sebuah jaringan penyelundupan para migran Rohingya dan Bangladesh.

Seorang perwira senior militer Thailand menyangkal tuduhan ia terlibat dalam sebuah jaringan perdagangan manusia besar-besaran, yang membantu menciptakan krisis migran yang mengenaskan di Asia Tenggara.

Letnan Jenderal Manas Kongpan menyerahkan diri kepada pihak kepolisian, hari Rabu (3/6) di Bangkok. Dia tidak membuat pernyataan apa-apa, namun para pejabat mengungkapkan, bahwa ia berencana untuk melawan tuduhan-tuduhan tersebut.

"Dia hanya menegaskan bahwa ia tidak terlibat. Jadi dia menyangkal tuduhan itu, tetapi tim penyelidik akan menggarap rincian berkenaan dengan tuduhan tersebut," ujar Kepala Polisi Nasional Thailand, Somyot Poompanmoung.

Jenderal militer berbintang tiga itu adalah pejabat tertinggi yang teringkus dalam penumpasan pemerintah Thailand terhadap jaringan penyelundupan manusia yang luas.

Pemerintah Thailand telah menangkap puluhan pejabat lokal yang diduga terlibat dalam sindikat kriminal, yang memperdagangkan migran dari Myanmar dan Bangladesh melalui propinsi-propinsi selatan Thailand.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG