Tautan-tautan Akses

Jenderal Inggris: Jangan Tarik Pasukan Besar-Besaran dari Afghanistan


Dua anggota pasukan Inggris di Sayedebad, provinsi Helmand, Afghanistan (foto: dok.).

Dua anggota pasukan Inggris di Sayedebad, provinsi Helmand, Afghanistan (foto: dok.).

Jenderal Bucknall mengatakan setiap penarikan besar pasukan akan memberi kesan bertentangan dengan janji kepada Afghanistan.

Jenderal tertinggi Inggris di Afghanistan memperingatkan agar penarikan pasukan dari negara itu jangan terlalu besar sebelum menjelang akhir tahun 2012.

Dalam wawancara dengan hari Inggris “Daily Telegraph,” Jenderal James Bucknall mengatakan bahwa untuk mempertahankan kemajuan belakangan ini melawan Taliban, pasukan tambahan Amerika yang tiba di Afghanistan tahun lalu harus tinggal dua musim panas atau musim pertempuran lagi.

Jenderal Bucknall mengatakan setiap penarikan besar pasukan akan memberi kesan yang bertentangan dengan janji kepada negara yang dilanda perang itu.

Ada yang mengemukakan alasan bahwa kematian pemimpin al-Qaida Osama bin Laden adalah alasan yang baik untuk mempercepat penarikan dari Afghanistan. Juga hari Senin, Perdana Menteri Kanada Stephen Harper mengunjungi tentara Kanada di Afghanistan yang akan segera mengakhiri misi tempur dan memulai peralihan ke peranan sebagai pelatih.

Dalam kunjungan yang tidak diumumkan sebelumnya itu, Harper mengatakan Afghanistan tidak merupakan risiko geostrategis terhadap dunia dan tidak lagi sebagai sumber terorisme global.

XS
SM
MD
LG