Tautan-tautan Akses

Jenderal AS: Rusia Bertanggung Jawab atas Serangan terhadap Konvoi Bantuan di Suriah


Jenderal AS, Joseph Dunford menuduh Rusia bertanggung jawab atas serangan terhadap konvoi bantuan PBB di Suriah (foto: dok).

Jenderal AS, Joseph Dunford menuduh Rusia bertanggung jawab atas serangan terhadap konvoi bantuan PBB di Suriah (foto: dok).

Jenderal Joseph Dunford menuduh dua pesawat tempur Rusia berada di daerah itu pada saat konvoi bantuan PBB diserang di Suriah.

Perwira militer tertinggi Amerika mengatakan, Rusia memikul tanggung jawab akhir atas serangan udara terhadap konvoi kemanusiaan PBB di Suriah, dan dia tidak mau berbagi intelijen militer dengan Moskow seputar konflik Suriah.

“Dua pesawat tempur Rusia berada di daerah itu pada saat konvoi diserang,” kata Jenderal Joseph Dunford, ketua dari Kepala Staf Gabungan, ketika memberi kesaksian Kamis dihadapan Komite AB Senat.

“Saya tidak secara bulat mengatakan itu dilakukan Rusia, tetapi itu adalah pesawat Rusia atau pesawat Rejim Bashar al-Asad,” kata Dunford, ditambahkannya, siapapun yang menyerang itu merupakan tanggung jawab Rusia. Serangan mematikan pada Senin dekat Aleppo menghancurkan 18 truk bantuan. Suriah dan Rusia membantah peran dalam serangan itu.

Sehubungan upaya terkoordinir antara Amerika dan Rusia sebagaimana dicantumkan dalam gencatan senjata Suriah itu, Dunford mengatakan, “Saya rasa bukan gagasan baik untuk berbagi intelijen dengan Rusia.”

Menteri Pertahanan Ash Carter juga ikut dalam sidang itu, dan kecaman pedas terhadap pemerintahan Obama dilancarkan oleh ketua komite Senator Republik John McCain dari Arizona. [jm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG