Tautan-tautan Akses

Jenderal AS: Pasukan Irak Siap Ambil Alih


Komandan pasukan Amerika di Irak yakin pengurangan pasukan AS menjadi 50.000 pagda 1 September, tak akan menjadi masalah.

Komandan pasukan Amerika di Irak mengatakan ia yakin Amerika berada di jalur yang tepat, untuk memenuhi batas waktu penarikan pasukan tempur dari negara tersebut.

Jenderal Ray Odierno mengatakan kepada sebuah jaringan televisi Amerika, ABC, dalam acara “This Week” akhir pekan baru ini, bahwa militer Irak telah secara bertahap mengambil tanggung jawab lebih selama beberapa bulan belakangan. Dengan demikian, menurutnya, pasukan militer Irak akan siap mengambil alih operasi keamanan saat Amerika mengurangi jumlah pasukannya menjadi 50.000 tentara pada tanggal 1 September mendatang.

Berbicara dari Baghdad, Jendral Odierno mengatakan Irak akan menghadapi pasang surut dalam beberapa pekan menjelang berakhirnya misi tempur Amerika. Ia menambahkan penting bagi Irak untuk membentuk pemerintah setelah tertunda lima bulan. Tapi, ia juga mengatakan penarikan pasukan Amerika terkait dengan stabilitas pasukan keamanan Irak, bukan pemerintahannya.

Gelombang kekerasan melanda Irak, sejak pemilihan parlemen yang tidak memberikan hasil yang jelas pada bulan Maret. Ketidakpastian politik mengakibatkan beberapa pejabat Irak dan Amerika khawatir para pemberontak mengambil keuntungan dari situasi ini. Para pejabat Irak mengatakan 53 warga tewas akibat ledakan bom selama dua hari belakangan.

XS
SM
MD
LG