Tautan-tautan Akses

Jenderal AS Desak Irak agar Terus Lakukan Tekanan dalam Ofensif Mosul


Sebuah konvoi militer Irak mendesak maju menuju kota Mosul, Irak (19/10). (foto: AP Photo)

Sebuah konvoi militer Irak mendesak maju menuju kota Mosul, Irak (19/10). (foto: AP Photo)

Mayor Jenderal Gary Volesky mengatakan kepada pasukan Irak untuk mempertahankan momentum dan teruse menekan musuh hingga membuat musuh putus asa.

Jenderal yang mengarahkan kampanye darat koalisi di Irak mendesak pasukan Irak yang bertempur di Mosul agar “jangan bergerak sedemikian cepatnya sehingga memberi peluang kepada musuh.”

“Saya bukan mengatakan agar Irak tidak cepat-cepat menuju Mosul, yang saya beritahukan pada mereka adalah, Anda punya momentum, pertahankan momentum, terus tekan musuh dan musuh akan putus asa,” demikian kata Mayor Jenderal Gary Volesky kepada reporter lewat konferensi jarak jauh dari Baghdad Rabu.

Jenderal itu mengatakan, dia menduga ISIS akan bertempur dengan pertahanan konvensional di Mosul, sampai mereka kalah. Setelah itu ISIS akan kembali sebagai pasukan pemberontak, mempergunakan metode tidak konvensional dan melakukan serangan yang mengganggu pasukan Irak dan menakut-nakuti warga sipil Irak.

Amerika telah menyediakan intelijen, dukungan logistik, serangan udara, dan artileri, serta helikopter Apache mendukung pertempuran memperebutkan Mosul. [jm]

XS
SM
MD
LG