Tautan-tautan Akses

Jenazah Wartawati Jepang yang Tewas di Suriah Tiba di Jepang


Potret wartawati Jepang Mika Yamamoto tampak di sebuah layar lebar di kota Tokyo setelah berita kematiannya di Suriah (21/8).

Potret wartawati Jepang Mika Yamamoto tampak di sebuah layar lebar di kota Tokyo setelah berita kematiannya di Suriah (21/8).

Mika Yamamoto tewas hari Senin (20/8) setelah terjebak dalam baku tembak antara pemberontak dan tentara pemerintah di kota Aleppo.

Mika Yamamoto adalah wartawan asing pertama yang tewas di Aleppo sejak pertempuran antara pasukan pemerintah dan pemberontak mulai terjadi hampir sebulan lalu.

Yamamoto tewas hari Senin setelah terjebak dalam baku tembak antara pemberontak dan tentara pemerintah. Saudara Yamamoto dan seorang rekannya menemani jenazah kembali ke Jepang.

Organisasi 'Reporters Without Borders' mengatakan Yamamoto adalah wartawan asing kelima yang tewas di Suriah sejak kekerasan merebak di sana tahun lalu.

Awal pekan ini, televisi Alhurra yang didanai pemerintah Amerika menyatakan dua wartawannya yang melakukan peliputan di Aleppo kemungkinan telah ditawan oleh pasukan Suriah hari Senin (20/8).

Dalam pernyataan BBG, organisasi induk Alhurra dan juga VOA, mendesak pemerintah Suriah agar memastikan keselamatan kedua wartawannya, yakni koresponden Bashar Fahmi dan jurukamera Cuneyt Unal.

XS
SM
MD
LG