Tautan-tautan Akses

Jenazah Mendiang Pemimpin Republik Ceko Disemayamkan di Istana Praha


Jenazah mantan presiden Vaclav Havel disemayamkan di Istana Praha (21/12).

Jenazah mantan presiden Vaclav Havel disemayamkan di Istana Praha (21/12).

Bendera dikibarkan setengah tiang saat jenazah mantan presiden Republik Ceko, Vaclav Havel, dibawa ke Istana Praha. Jenazah mendiang Vaclav Havel akan disemayamkan di tempat tersebut hingga upacara pemakaman Jumat mendatang.

Ribuan orang berderet di sepanjang jalan di kota Praha, banyak di antaranya berbusana hitam. Arak-arakan itu menandai bermulanya masa berkabung nasional yang akan berlangsung selama tiga hari.

Para pemimpin dari seluruh dunia berhimpun untuk menunjukkan penghormatan kepada mantan presiden sekaligus penulis drama pembelot tersebut. Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton dan suaminya, mantan Presiden Bill Clinton, Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Israel Shimon Peres, dan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy adalah di antara tokoh yang hadir, yang diduga akan menghadiri upacara pemakaman Jumat mendatang.

Mantan pemimpin Ceko itu meninggal dunia dalam tidurnya karena problem pernafasan, hari Minggu lalu, dalam usia 75 tahun.

Havel, adalah presiden pertama yang terpilih secara demokratis. Semasa memangku jabatan, dia memimpin masa transisi Cekoslowakia menuju sistem ekonomi pasar bebas dan demokrasi serta pemisahan negara itu secara damai pada tahun 1993 menjadi Republik Ceko dan

Slowakia. Vaclav Havel menjabat sebagai presiden Cekoslowakia dari tahun 1989 hingga 1992 , kemudian menjabat sebagai presiden Republik Ceko dari tahun 1993 hingga 2003.

XS
SM
MD
LG