Tautan-tautan Akses

Jembatan Beratap, Kebanggaan Warga Negara Bagian Indiana


Jembatan beratap yang sarat dengan nostalgia masih selalu dilewati mobil, ruk, dan traktor; menunjukkan, bangunan-bangunan bersejarah bisa menjadi bagian kehidupan modern sehari-hari yang masih bisa berfungsi baik (foto: Dok).

Jembatan beratap yang sarat dengan nostalgia masih selalu dilewati mobil, ruk, dan traktor; menunjukkan, bangunan-bangunan bersejarah bisa menjadi bagian kehidupan modern sehari-hari yang masih bisa berfungsi baik (foto: Dok).

Di Indiana, terdapat lebih dari 150 jembatan beratap, dan di sana warga Indiana sangat bangga dengan jembatan-jembatan itu.

Di musim gugur seperti saat ini, jutaan warga Amerika berkendaraan menyusuri jalan-jalan di pedesaan, singgah di kebun-kebun labu, warung-warung yang menjual minuman apple-cider dan jembatan-jembatan beratap.

Jembatan-jembatan ini tentu saja nampak biasa sepanjang tahun, namun menyuguhkan pemandangan menarik dengan latar belakang yang dipenuhi pepohonan dengan daun-daun berwarna warni khas musim gugur.

Jembatan beratap berasal dari Tiongkok dan bisa ditemukan di seluruh Eropa Tengah. Namun, di tempat-tempat yang tidak terlalu padat kita bisa melihatnya di Amerika bagian Barat-tengah atas dan wilayah New England.

Ketertarikan dengan jembatan-jembatan yang sarat dengan nostalgia ini dimulai tahun 1992 dengan diterbitkannya buku laris, The Bridges of Madison County. Kabupaten Madison berada di Iowa, tidak jauh dari negara bagian barat-tengah yang punya banyak jembatan beratap. Di Indiana, terdapat lebih dari 150 jembatan beratap, dan di sana warga sangat bangga dengan jembatan-jembatan itu.

Konon di tahun 1986, sekitar 19.000 orang yang tinggal di pedesaan Kabupaten Rush pasti gelisah jika dikatakan kepada mereka ada “penyusup” di antara mereka. Tetapi, nyatanya memang ada. Akibatnya, ratusan warga yang marah muncul seperti badai musim panas di kota-kota seperti Rushville, Moscow, dan Homer.

Setelah selesai melancarkan aksi mereka, tiga anggota Dewan Komisaris kabupaten kehilangan kursi, karena mereka menyetujui penghancuran empat dari enam jembatan beratap yang bersejarah dan akan menggantinya dengan jembatan besi dan baja biasa. Ada orang-orang yang sengaja membakar jembatan beratap tertua dan terbobrok yang dibangun tahun 1873. Namun, tindakan itu hanya memperkuat ketetapan hati warga untuk menyelamatkan dan melestarikan lima jembatan beratap lainnya.

Atap jembatan yang terbuat dari kayu yang dihiasi dengan indah bukan hanya melindungi jembatan dari kelapukan. Dihiasi dengan sulur-sulur kayu seperti tumbuhan merambat dan atap yang mempesona, jembatan-jembatan itu menyerupai pondok-pondok di pedesaan.

Para pencinta jembatan beratap di Rush County bukan hanya melestarikan jembatan-jembatan itu, tetapi juga mengilhami festival-festival jembatan dan jambore musik bluegrass.

Mobil, truk, dan traktor masih melewati jembatan-jembatan beratap yang indah itu, dan menunjukkan, bangunan-bangunan bersejarah bisa menjadi bagian kehidupan modern sehari-hari yang masih bisa berfungsi baik.
XS
SM
MD
LG