Tautan-tautan Akses

Jelang Pilpres di Solo: Dari TPS Keluarga Capres Hingga TPS Timnas Brazil

  • Yudha Satriawan

Suasana di TPS 86 Kadipiro Solo yang bernuansa Timnas Brazil dan Piala Dunia 2014 di Solo, 8 Juli 2014 (Foto: VOA/Yudha)

Suasana di TPS 86 Kadipiro Solo yang bernuansa Timnas Brazil dan Piala Dunia 2014 di Solo, 8 Juli 2014 (Foto: VOA/Yudha)

Menjelang pemungutan suara Pilpres, berbagai persiapan dilakukan penyelenggara Pemilu di Solo. Termasuk persiapan di TPS Keluarga Capres Jokowi hingga di sebuah TPS Unik yang mengangkat tema Timnas Brazil.

Dua kotak suara bertuliskan TPS 22 Manahan Solo diletakkan di sebuah banunan terbuka atau pendapa sebuah rumah di kawasan Manahan Solo, Selasa siang (8/7). Terdapat berbagai dokumen yang antara lain berisi DPT, Daftar Hadir pemilih, Surat suara, hingga lempengan besi bilik suara.

Juru bicara panitia penyelenggara pemungutan Suara TPS 22 Manahan Solo, Suranto, mengatakan keluarga Capres Jokowi yaitu Sujiatmi, ibu dan tiga anak Jokowi terdaftar di DPT TPS ini.

Menurut Suranto, keluarga capres Jokowi tersebut tidak ada yang mengajukan pindah lokasi TPS. “Iya, keluarga Pak Jokowi terdaftar di DPT TPS ini. Ada ketiga anak Pak Jokowi dan Ibunda Pak Jokowi, Sujiatmi. Ketiga anak di urutan nomor 11, 12, dan 13. Kalau Ibunda Pak Jokowi di urutan nomor 200an. Selama ini keluarga Pak Jokowi tidak mengajukan formulir pindah TPS atau form A5. Keluarga ini masih tetap terdaftar di TPS ini. Karena untuk mengurus form A5 itu kan ribet mas, harus disertai surat pengantar dari RT,” jelas Suranto.

Persiapan Pilpres di TPS Keluarga Capres Jokowi di Solo, 8 Juli 2014 (Foto: VOA/Yudha)

Persiapan Pilpres di TPS Keluarga Capres Jokowi di Solo, 8 Juli 2014 (Foto: VOA/Yudha)

Suranto menunjukkan Daftar Pemilh Tetap (DPT) di TPS 22 Manahan Solo ini. Tiga anak capres Jokowi : Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep berurutan di nomor 11, 12, dan 13, sedangkan Sujiatmi, Ibu dari Capres Jokowi, berada di urutan 203.

Tak hanya persiapan TPS keluarga capres Jokowi saja yang menjadi sorotan sejumlah jurnalis. Sebuah TPS Unik bernuansa Timnas Brazil di Piala Dunia juga ada di Solo, tepatnya di TPS 86 Kadipiro, yang dinamakan TPS Brasillia.

Juru bicara penyelenggara TPS unik tersebut, Haristanto mengatakan TPS dihias dengan pernak-pernik timnas Brazil dan Piala Dunia. Haristanto berharap TPS ini mampu menarik minat warga untuk menggunakan hak pilihnya.

"Ini momentum Piala Dunia, kebetulan warga di sini mendukung Brazil sebagai Juara Piala Dunia. Kami melihat Timnas Brazil punya peluang besar, jadi kami terinspirasi dari itu. Semangat Brazilia. Semoga TPS ini makin marak, tidak banyak yang golput, karena penasaran akan melihat TPS Brasilia," kata Haristanto.

"Semangat sepak bola,semangat sportifitas. Fair play kita angkat dalam Pilpres ini. Ya, besok ada foto corner. Warga yang datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya, bisa berfoto ria di depan back ground Piala Dunia dan bola Brazuca ini. Kami sudah siapkan seragam timnas Brazil. Ada tujuh, sesuai jumlah KPPS di sini. Ini ada kaos Timnas Brazil, celana pendek dan kaos kaki, sudah siap semua,” tambahnya.

Sebuah bendera negara Brazil juga terletak di meja dengan dua kotak suara berada di atasnya. Selain itu juga ada poster background bergambar Piala Dunia dan Bola Brazuca serta papan berhias anti golput yang disediakan panitia untuk warga yang datang berfoto ria usai menggunakan hak pilihnya di TPS tersebut, Rabu besok.

Solo menjadi sorotan Pilpres karena Capres nomor urut 2, Jokowi, berasal dari Solo. KPU Solo menetapkan DPT di Solo mencapai 409 ribu orang dengan jumlah TPS mencapai 1270an yang tersebar di berbagai wilayah di Solo. Salah satunya, TPS 22 Manahan yang menjadi lokasi pemungutan suara Keluarga Capres Jokowi.

XS
SM
MD
LG