Tautan-tautan Akses

Jelang Kaukus Iowa, Romney dan Ron Paul Ungguli Jajak Pendapat


Mantan Gubernur Massachusetts, Mitt Romney sementara unggul dalam jajak pendapat sebagai Capres Partai Republik menjelang Kaukus Iowa (foto: dok).

Mantan Gubernur Massachusetts, Mitt Romney sementara unggul dalam jajak pendapat sebagai Capres Partai Republik menjelang Kaukus Iowa (foto: dok).

Mantan Gubernur Massachusetts, Mitt Romney tampak unggul sebagai kontestan terkuat dalam kompetisi menuju nominasi Calon Presiden AS dari Partai Republik.

Para kontestan calon presiden Amerika dari Partai Republik sedang sibuk menjangkau pemilih di Iowa, menjelang kaukus partai di negara bagian itu. Kontestan yang tertinggal dalam jajak pendapat hari Jumat, seperti anggota Kongres dari Minnesota – Michele Bachmann dan mantan anggota Kongres Newt Gingrich, berusaha mengikis mantan gubernur Massachusetss Mitt Romney yang unggul.

Mitt Romney hari Jumat menerima dukungan dari gubernur New Jersey, Chris Christie yang populer dan berada di Iowa untuk berkampanye dengan Romney.

Sementara Mitt Romney dilihat sebagai kontestan terkuat dalam kompetisi menuju nominasi calon presiden Partai Republik, pesaingnya Ron Paul juga telah melonjak dalam berbagai jajak pendapat – hanya beberapa hari sebelum kaukus di Iowa, yang merupakan pemilihan pertama untuk pemilu presiden Amerika tahun 2012.

Survei NBC, Marist menunjukkan Mitt Romney kemungkinan memperoleh 23 persen dukungan suara dari peserta kaukus partai tanggal 3 Januari nanti. Sedang Ron Paul – anggota Kongres dari Texas – berada pada posisi kedua dengan 21 persen.

Ron Paul berbicara dengan para pemilih di Iowa hari Jumat, dengan mengatakan jika ia menjadi presiden maka ia akan memangkas anggaran belanja negara satu trilyun dollar dan menarik seluruh pasukan Amerika dari Afghanistan.

Mitt Romney menyelenggarakan kampanye Jumat pagi dengan mengecam Presiden Barack Obama yang berlibur akhir tahun di Hawaii sementara banyak orang tidak memiliki pekerjaan. Mitt Romney menjanjikan perubahan di Washington dan arah baru bagi perekonomian negara. Gubernur Chris Christie yang pernah diperkirakan akan maju sebagai kontestan, tampil dalam kampanye itu mendukung Mitt Romney.

Sementara, mantan Senator Rick Santorum yang menanjak dalam jajak pendapat terbaru mengatakan, ia tetap yakin kaukus – yang dinilainya sebagai indikator penting bagi harapan di tingkat nasional – akan berpihak padanya.

Jajak pendapat NBC, Marist mendudukkan Rick Santorum pada posisi ketiga dengan dukungan 15 persen.

Meskipun pemenang kaukus Iowa mungkin tidak akan memenangkan nominasi partai atau jabatan kepresidenan, hasil jelek yang diperoleh kontestan dalam kaukus Iowa dapat memaksa sebagian kontestan mengundurkan diri dari persaingan.

Mantan Ketua DPR Newt Gingrich – yang pernah menjadi favorit dan kini popularitasnya terpuruk – melihat anjloknya dukungan bagi dirinya di Iowa, meskipun ia tetap giat berkampanye. Newt Gingrich menitikkan air mata pada sebuah acara ketika ia berbicara tentang mendiang ibunya, mengenalnya sebagai orang yang bahagia dan mencintai kehidupan tetapi pada usia lanjut juga menderita penyakit bipolar dan depresi.

Satu-satunya perempuan diantara kontestan Partai Republik – Michele Bachman – menyambut pendukungnya di sebuah restoran di kota Early. Bachmann yang hanya memperoleh dukungan satu angka di Iowa, menjanjikan reformasi pajak dan membatalkan reformasi layanan kesehatan yang digagas Presiden Barack Obama. Michele Bachmann memperkirakan ia akan sukses dalam kaukus nanti.

XS
SM
MD
LG