Tautan-tautan Akses

Jajak Pendapat: Moon Jae-in akan Menangkan Pilpres Korsel


Kandidat presiden Korea Selatan Moon Jae-in dari Partai Demokrat mengangkat tangannya saat para pemimpin partainya serta anggotanya menyaksikan hasil siaran televisi lokal media lokal dalam pemilihan presiden di Seoul, Korea Selatan, Selasa 9 Mei 2017. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Jajak pendapat awal memproyeksikan kandidat Partai Demokrat Liberal Korea Moon Jae-in sebagai pemenang pemilihan presiden Korea Selatan.

Survei pasca pemilihan yang dilakukan oleh jaringan Siaran Korea KBS, MBC dan SBS mengatakan bahwa Moon menang dengan lebih dari 41 persen suara. Exit poll juga sejalan dengan jajak pendapat yang dilakukan sebelum pemilihan yang memberi Moon keunggulan 20 persen di atas 13 kandidat lainnya.

Partisipasi pemilih secara historis kali ini tinggi setelah masa politik yang penuh gejolak setelah terbongkarnya dugaan keterlibatan mantan Presiden Park Geun-hye dalam skema korupsi jutaan dolar menyebabkan demonstrasi sosial besar-besaran selama berminggu-minggu yang menekan Majelis Nasional untuk memaksa Presiden Park turun dari jabatan dan mengadakan pemilihan presiden.

Komisi Pemilu Nasional mengumumkan bahwa lebih dari jumlah pemilih mencapai 80 persen dari 42 juta warga Korea yang terdaftar sebagai pemilih. Jumlah ini akan menjadi yang tertinggi sejak Presiden Kim Dae-jung terpilih pada tahun 1997, dengan 80,7 persen pemilih yang berhak memberikan suara.

Pesaing terdekat Moon dalam pemilihan ini adalah kandidat Partai Liberty Korea yang konservatif Hong Joon-pyo yang memenangkan 23 persen dan kandidat Partai Rakyat yang berhaluan tengah Ahn Cheol-soo yang memperoleh 21 persen. [lt]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG