Tautan-tautan Akses

AS

Jeb Bush Siap Calonkan Diri untuk Pilpres AS


Mantan gubernur Florida dan kandidat calon presiden Partai Republik untuk 2016, Jeb Bush, dalam sebuah konferensi di Nashua, New Hampshire (17/4). (Reuters/Brian Snyder)

Mantan gubernur Florida dan kandidat calon presiden Partai Republik untuk 2016, Jeb Bush, dalam sebuah konferensi di Nashua, New Hampshire (17/4). (Reuters/Brian Snyder)

Bush telah menggalang dana besar bagi kampanyenya dan sebelumnya diperkirakan unggul di antara para kandidat partai Republik.

Mantan gubernur negara bagian Florida Jeb Bush, putra dan adik mantan presiden AS, akan mengumumkan diri sebagai bakal calon presiden hari Senin (15/6) di Miami, menjadi kandidat Partai Republik ke-11 yang ikut bursa pencalonan kandidat presiden.

Bush telah menggalang dana besar bagi kampanyenya dan sebelumnya diperkirakan unggul di antara para kandidat partai Republik. Tetapi jajak pendapat terbaru menunjukkan ia bersaing ketat dengan dua kandidat lainnya, Senator Florida Marco Rubio, yang telah bergabung dalam bursa pemilihan itu, dan Gubernur Wisconsin Scott Walker, yang belum mengumumkan pencalonannya secara resmi.

Sementara itu, bakal calon presiden yang diunggulkan dari partai Demokrat, mantan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton, berkampanye di Iowa, untuk menarik para relawan politik di negara bagian tempat dia kalah ketika pertama kali mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2008.

Awal 2016, pemilih Partai Demokrat dan Republik di Iowa akan memberikan suara lewat sistem kaukus partai. Kontes nominasi partai ini selanjutnya akan berlangsung lama, dari satu negara bagian ke negara bagian lainnya, guna memilih calon masing-masing partai, sebelum diselenggarakan pemilihan nasional.

Pemenang pilpres akan menggantikan Presiden Barack Obama pada bulan Januari 2017. Berdasarkan konstitusi AS, presiden dibatasi masa jabatannya dan hanya boleh menjabat dua kali masa kepresidenan.

XS
SM
MD
LG