Tautan-tautan Akses

AS

Pengacara: Jangan Dulu Kaitkan Penembakan California dengan Ekstrimis Islam


Surat ijin mengemudi pelaku penembakan massal di California, Syed Rizwan Farook (foto: dok).

Surat ijin mengemudi pelaku penembakan massal di California, Syed Rizwan Farook (foto: dok).

Pengacara keluarga Syed Farook, pelaku penembakan di California, mengatakan tidak ada bukti yang mengaitkan para penembak itu dengan organisasi ekstremis yang besar.

Pengacara keluarga salah seorang penembak dalam serangan di pusat layanan sosial San Benardino memperingatkan masyarakat agar tidak buru-buru memberi penilaian mengenai kaitan “teroris” terhadap serangan itu.

Mohammad Abuershaid dan David Chesley, pengacara keluarga Syed Farook mengatakan tidak ada bukti yang mengaitkan para penembak itu dengan organisasi ekstremis yang besar.

Sebagian besar bukti dipusatkan pada pesan yang dipasang di Facebook yang dibuat menggunakan sama samaran oleh istri Farook dan rekan penyerang, Tashfeen Malik.

Pada konferensi pers hari Jumat Chesley mengatakan pencarian internet semacam itu seharusnya tidak dijadikan bukti, dan menarik kesimpulan berdasarkan apa yang dilihat dalam postingan tersebut.

Abuershaid menekankan bahwa mengaitkan tindakan pasangan itu dengan aksi teror seharusnya tidak dilakukan “sampai ada kaitan nyata”. Chesley juga memperingatkan mengenai kebebasan beragama warga Muslim yang dilanggar ketika ada orang dengan nama belakang Islamis, secara cepat dikaitkan dengan ekstremis islam.

Ia merujuk kepada beberapa pernyataan yang disampaikan kandidat presiden dari Partai Republik Donald Trump mengenai hal itu. Serangan hari Rabu itu telah menewaskan 14 orang.

Keluarga Farook dan Malik mengatakan mereka tidak melihat tanda-tanda pasangan suami istri itu menjadi agresif atau berpandangan ekstrem.

FBI hari Jumat mengumumkan sedang menyelidiki penembakan massal di pesta kantor tersebut sebagai “sebuah tindakan teror” tapi direktur FBI mengatakan tidak ada petunjuk bahwa pasangan suami dan istri itu menjadi bagian rencana yang lebih luas atau anggota sel teror. [my/jm]

XS
SM
MD
LG