Tautan-tautan Akses

Janet Reno, Mantan Jaksa Agung AS, Wafat dalam Usia 78 Tahun


ARSIP – Mantan Jaksa Agung AS, Janet Reno berbicara kepada awak media dari halaman belakang rumahnya di Miami setelah menyatakan ia akan ikut dalam pemilihan Gubernur Florida (4/9/2001). (foto: AP Photo/ Tony Gutierrez, Arsip)

ARSIP – Mantan Jaksa Agung AS, Janet Reno berbicara kepada awak media dari halaman belakang rumahnya di Miami setelah menyatakan ia akan ikut dalam pemilihan Gubernur Florida (4/9/2001). (foto: AP Photo/ Tony Gutierrez, Arsip)

Mantan Jaksa Agung AS dan wanita pertama yang menjabat Jaksa Agung, Janet Reno, tutup usia dalam usia 78 tahun.

Janet Reno, wanita pertama yang menjabat Jaksa Agung AS dan pusat dari kegaduhan politis selama pemerintahan Clinton, tutup usia. Ia tutup usia dalam usia 78 tahun. Reno meninggal dunia akibat komplikasi penyakit Parkinson, demikian dinyatakan oleh anak baptisnya Gabrielle D’Alemberte. D’Alemberte mengatakan Reno menghabiskan hari-hari terakhirnya di ruahnya di Miami dikelilingi oleh keluarga dan sahabat-sahabatnya.

Reno mantan jaksa di Miami menjabat hampir selama delapan tahun di bawah pemerintah Presiden Bill Clinton, yang merupakan periode terlama dalam abad ini.

Satu dari pejabat pemerintah yang paling dikenal, Reno dikritik di awal jabatannya karena perintah untuk menyerang lokasi sekte yang dipimpin oleh David Koresh di Waco, Texas dimana 80 pengikut sekte tersebut tewas.

Setelah meninggalkan jabatannya di Washington, Reno kembali ke Florida dimana usahanya untuk menjadi Gubernur Florida di tahun 2002 gagal dalam sebuah pemilihan pendahuluan partai Demokrat yang diwarnai dengan permasalahan dalam pemilihan suara.

Janet Reno lahir tanggal 21 Juli 1938, dari pasangan wartawan surat kabar dan adalah anak tertua dari empat bersaudara. Ia tumbuh di pinggiran rawa Everglades di sebuah rumah yang dibangun oleh ibunya dan kembali ke sana setelah jabatannya di Washington berakhir. Kakaknya, almarhum Robert Reno, adalah seorang kolumnis senior untuk Newsday on Long Island.

Setelah lulus dari Cornell University dengan gelar di bidang kimia, Reno menjadi salah satu dari 16 wanita yang lulus dari Harvard Law School tahun 1963. Reno, dengan tinggi badan lebih dari 183 cm, kemudian mengatakan ia ingin menjadi pengacara “karena ia tidak ingin orang lain menentukan apa yang harus ia lakukan.” [ww]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG