Tautan-tautan Akses

Komposer dan Musisi, James F. Sundah kembali ke kota New York. Kali ini, James yang saat ini menjadi salah satu komisioner Lembaga Manajemen Kolektif Nasional atau LMKN, melakukan kajian dan pengamatan tentang industri musik Amerika.

LMKN adalah institusi nirlaba di bawah Kementerian Hukum dan HAM yang diberi kuasa oleh Pencipta, Pemegang Hak Cipta, dan/atau pemilik Hak Terkait guna mengelola hak ekonominya dalam bentuk menghimpun dan mendistribusikan royalti. James duduk di lembaga ini bersama sederatan musisi seperti H. Rhoma Irama, Adi KLa Project, Sam Bimbo, Ebiet G Ade dan Djanuar Ishak, dan bertugas menjaga hak cipta, menetapkan sistem dan tata cara perhitungan royalti.

"Di Amerika, penyanyi legenda sangat diapresiasi. Lihat saja di program musik televisi, American Idol atau X-Factor, lagu-lagu pop legendaris diaransemen ulang dan dinyanyikan oleh generasi sekarang," kata James saat bertemu dengan Program Director VOA, Naratama, di kedai rumah makan, dekat jembatan Brooklyn, New York. "Ini menarik, sebuah pelajaran bagi musisi muda kita untuk memainkan lagu-lagu legendaris. Ini adalah bagian dari apresiasi kepada musik Indonesia," kata James yang beberapa hari sebelumnya baru menonton konser Rolling Stones di Ralph Wilson Stadium, Buffalo, New York. "Konser musik legendaris Rolling Stones masih penuh lho. Penontonnya banyak anak-anak muda," tambah James.

Saat ini James bersama komposer Oddie Agam sedang sibuk rekaman untuk merilis ulang lagu-lagu ciptaan mereka dengan penata musik Andi Rianto dan lain-lain. Diproduseri oleh Seno M. Harjo, James menggandeng penyanyi-penyanyi berbakat untuk mendaur ulang lagu-lagu hits yang pernah dinyanyikan oleh Vina Panduwinata, Sheila Madjid dan Ruth Sahanaya, seperti "Lilin Lilin Kecil," "Astaga," "September Ceria" dan "Antara Anyer dan Jakarta."

"Ini album luar biasa, tidak mudah mencari penyanyi yang tepat untuk membawakan lagu-lagu saya. Tapi saya senang dengan hasilnya kok. Tunggu ya," ujar James menutup wawancara.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG