Tautan-tautan Akses

Jalur Pesawat Malaysia yang Hilang Dievaluasi Kembali


Foto dari atas udara pesawat-pesawat yang terlibat pencarian pesawat MH370 yang hilan (29/4).

Foto dari atas udara pesawat-pesawat yang terlibat pencarian pesawat MH370 yang hilan (29/4).

Para pejabat senior dari Malaysia, Australia dan China bertemu di Canberra untuk membahas rincian langkah-langkah berikutnya dalam pencarian pesawat yang hilang.

Sebuah panel internasional beranggotakan para ahli akan mengevaluasi kembali semua data yang terkumpul dalam hampir dua bulan perburuan jet Malaysia yang hilang, untuk memastikan awak pencarian yang telah menjelajahi samudera telah mencari di tempat yang benar, menurut para pejabat, Senin (5/5).

Para pejabat senior dari Malaysia, Australia dan China bertemu di Canberra untuk membahas rincian-rincian langkah-langkah berikutnya dalam pencarian pesawat Malaysia Airlines penerbangan 370, yang akan terpusat pada wilayah yang lebih besar dari dasar laut di Samudera Hindia yang terpencil di lepas pantai Australia barat. Wilayah itu telah menjadi fokus pencarian setelah sebuah tim analis mengkalkulasi jalur penerbangan yang paling mungkin dari pesawat tersebut berdasarkan data satelit dan radar.

Mulai Rabu, data itu akan dianalisa ulang dan digabungkan dengan semua informasi yang terkumpul sejauh ini, yang belum kunjung menemukan sekeping pun bagian pesawat meski para awak menjelajahi lebih dari 4,6 juta kilometer persegi wilayah samudera.

"Kita telah sampai pada tahap proses dimana sangat logis untuk mundur dan melihat kembali semua data yang telah dikumpulkan, semua analisis yang telah dilakukan dan memastikan tidak ada kesalahan di dalamnya, semua asumsi benar, semua analisis benar dan semua deduksi dan kesimpulan benar," ujar Angus Houston, kepala oeprasi pencarian, pada wartawan di Canberra.

Para penyelidik telah terhambat kurangnya data sejak pesawat hilang pada 8 Maret dalam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing. Pencarian selama berminggu-minggu untuk puing-puing pesawat di permukaan air dihentikan minggu lalu setelah para pejabat memutuskan bahwa puing apapun yang mengapung sepertinya telah tenggelam.

Houston memperingatkan bahwa pencarian di bawah air kemungkinan akan berlangsung sampai setahun. (AP)
XS
SM
MD
LG