Tautan-tautan Akses

Jaksa Tangkap 2 Orang Terkait Kebakaran Tambang di Turki


Suasana di tambang batu bara yang kebakaran di kota Soma, provinsi Manisa, Turki (18/5).

Suasana di tambang batu bara yang kebakaran di kota Soma, provinsi Manisa, Turki (18/5).

Jaksa resmi menangkap dua orang lagi terkait dengan kebakaran di tambang di kota Soma, Turki barat, Senin (19/5), menaikkan jumlah tersangka yang menghadapi tuduhan kelalaian menjadi lima orang.

Laporan berita Turki mengatakan alat sensor menunjukkan gas beracun pada tingkat tinggi di dalam tambang batu bara beberapa hari sebelum terjadinya bencana pertambangan terburuk di Turki, namun para pejabat perusahaan tidak mengambil tindakan.

Hari Senin, jaksa dengan resmi menangkap dua orang lagi terkait dengan kebakaran di tambang di kota Soma, Turki barat yang menewaskan 301 orang, menaikkan jumlah tersangka yang menghadapi tuduhan kelalaian menjadi lima orang.

Hurriyet dan surat kabar lain mengatakan data yang disita oleh jaksa menunjukkan bahwa alat sensor menunjukkan kadar gas tinggi di dalam tambang sedini dua hari sebelum terjadinya bencana itu.

Surat-surat kabar itu tidak mengutip sumber untuk laporan tersebut, tetapi para pekerja tambang yang diwawancarai oleh Associated Press juga menuduh bahwa supervisor mengabaikan kenaikan kadar gas dan gagal mengambil tindakan pencegahan. Sebagian besar korban tewas akibat gas beracun yang dilepaskan oleh kebakaran itu. (AP)
XS
SM
MD
LG