Tautan-tautan Akses

Jaksa Panama Periksa Kantor-kantor Mossack Fonseca


Kantor Mossack Fonesca di Panama City.

Kantor Mossack Fonesca di Panama City.

Firma hukum itu melayangkan keluhan mengenai peretasan keamanan tidak lama sebelum laporan-laporan muncul mengenai bagaimana para politisi.

Kantor berita Associated Press melaporkan bahwa jaksa Panama, hari Senin (11/4), memeriksa kantor-kantor Mossack Fonseca setelah firma hukum itu melayangkan keluhan menjadi korban peretasan.

Jaksa Kejahatan Dunia Maya Panama, Ricaurte Gonzalez, mengatakan pemeriksaan visual dilakukan di kantor firma hukum itu.

Firma hukum itu melayangkan keluhan mengenai peretasan keamanan tidak lama sebelum laporan-laporan muncul mengenai bagaimana para politisi, orang-orang terkenal dan perusahaan-perusahaan di seluruh dunia menggunakan Mossack Fonseca untuk menyembunyikan aset-aset mereka.

Salah seorang pendiri firma itu Ramon Fonseca mengatakan ia menduga peretasan dilakukan dari luar Panama, kemungkinan di Eropa tapi tidak memberi tahu rincian mengenai siapa yang mungkin melakukannya.

Lebih dari 11 juta dokumen dari Mossack Fonseca telah dibocorkan kepada media internasional dalam salah satu pembocoran data terbesar sepanjang sejarah.

Firma hukum di Panama itu mengkhususkan jasanya untuk membantu orang-orang kaya mengurangi beban pajak mereka. [my/al]

XS
SM
MD
LG