Tautan-tautan Akses

AS

Jaksa Agung AS Jelaskan Warga AS Anggota al-Qaida Bisa Dibunuh


Jaksa Agung AS Eric Holder menjelaskan mengenai dibolehkannya membunuh warga AS anggota Al-Qaida hari Selasa (5/2).

Jaksa Agung AS Eric Holder menjelaskan mengenai dibolehkannya membunuh warga AS anggota Al-Qaida hari Selasa (5/2).

Jaksa Agung Eric Holder menjelaskan hal ini Selasa (5/2), setelah bocornya sebuah memo rahasia tentang serangan pesawat tanpa awak terhadap warga AS tersangka al-Qaida.

Jaksa Agung Amerika Eric Holder menjelaskan alasan rasional pemerintahan Obama yang secara hukum membolehkan pemerintah Amerika membunuh warga Amerika di luar negeri bila pihaknya yakin mereka adalah pemimpin senior al-Qaida yang aktif terlibat dalam perencananaan operasi untuk membunuh warga Amerika.

Holder berkata demikian setelah bocornya sebuah memo rahasia Departemen Kehakiman tentang penggunaan serangan pesawat tanpa awak terhadap para tersangka anggota al-Qaida. Holder mengatakan pemerintah hanya mengambil tindakan dalam cara yang mematuhi hukum pemerintah federal dan internasional.

Holder menjelaskan tersangka yang ditargetkan harus merupakan "ancaman serangan kekerasan dalam waktu dekat " terhadap Amerika. Ia juga menjelaskan bahwa penangkapan tersangka itu harus dianggap tidak mungkin.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney hari Selasa mengatakan bahwa Presiden Barack Obama mengambil tanggung jawab yang sangat serius dalam melakukan perang melawan teroris al-Qaida, dan menekankan bahwa penggunaan pesawat tanpa awak yang menargetkan para teroris diperlukan untuk mencegah serangan terhadap Amerika.

Serangan pesawat tanpa awak telah meningkat terhadap tersangka al-Qaida di luar negeri. Beberapa serangan telah menargetkan warga Amerika, termasuk Anwar al-Awlaki dan Samir Khan yang diduga terlibat dalam operasi al-Qaida.
XS
SM
MD
LG