Tautan-tautan Akses

Jakarta dan Bandung Siap Gelar Peringatan 60 Tahun KAA


Gubernur Jakarta Ahok (kanan) dan Walikota Bandung Ridwan Kamil (kiri) saat rapat di Istana Presiden, Jakarta, Kamis, 2 April 2015 (Foto: VOA/Ahadian)

Gubernur Jakarta Ahok (kanan) dan Walikota Bandung Ridwan Kamil (kiri) saat rapat di Istana Presiden, Jakarta, Kamis, 2 April 2015 (Foto: VOA/Ahadian)

Peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika akan digelar tanggal 19 hingga 24 April 2015, di Jakarta dan Bandung.

Kota Jakarta siap menyambut acara peringatan 60 tahun konferensi Asia Afrika. Hal tersebut disampaikan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kepada wartawan, usai menghadiri rapat dengan Presiden Jokowi yang membahas kesiapan acara peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika, Kamis siang di Istana Presiden.

“Persiapan untuk KTT Asia Afrika, kita siapkan anak-anak sekolah untuk menyambut. Kami juga sudah selesaikan sepanjang kolong jalan tol itu sudah bersih. Tidak ada lagi bangunan-bangunan liar. Kita pindahkan mereka ke rumah susun,” kata Basuki Tjahaja Purnama.

Ahok juga menambahkan selama berlangsungnya acara peringatan 60 tahun KAA, proyek pembangunan MRT sepanjang jalan Sudirman Thamrin akan ditutup spanduk agar tidak mengganggu keindahan kota Jakarta.

Peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika akan digelar tanggal 19 hingga 24 April 2015, di Jakarta dan Bandung.

Acara ini rencananya akan dihadiri ratusan delegasi dari 109 negara Asia dan Afrika serta dari 17 negara pengamat. Sejumlah kepala Negara dipastikan akan hadir dalam acara ini, seperti Presiden China Xi Jin Ping dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Selain memperingati 60 tahun konferensi Asia Afrika, konferensi ini juga akan menggelar sejumlah rangkaian pertemuan, seperti Pertemuan Bisnis antar negara Asia Afrika, Pertemuan tingkat Menteri dan Pertemuan antar Kepala Negara Asia Afrika.

Acara-acara tersebut akan dipusatkan di Jakarta mulai tanggal 19 April mendatang. Sementara puncak acara peringatan akan dilaksanakan tanggal 24 April di Bandung.

Walikota Bandung Ridwan Kamil yang turut hadir dalam rapat di Istana Presiden juga menyatakan kesiapannya untuk menyambut acara peringatan 60 tahun KAA di Bandung. Ia mengatakan telah menyiapkan sejumlah cendera mata khas Jawa Barat untuk diberikan kepada para kepala negara yang hadir.

“Jadi di Bandung itu hadiahnya ada delapan. Ada selendang, ada kujang, ada angklung kecil, wayang golek.. ada macam-macam, termasuk batu akik,” kata Ridwan Kamil, Walikota Bandung.

Ridwan Kamil juga akan menyiapkan pasukan budaya untuk menyambut para delegasi saat tiba di Bandung nanti. Di Bandung para delegasi akan melakukan napak tilas ke Gedung Merdeka, atau gedung Asia Afrika yang merupakan Gedung tempat berlangsungnya Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955.

XS
SM
MD
LG