Tautan-tautan Akses

Jajak Pendapat Terakhir Tunjukkan Obama-Romney Seimbang


Sebulan menjelang pilpres, jajak pendapat menunjukkan Mitt Romney (kiri) dan Presiden Obama mendapat dukungan yang berimbang (foto: dok).

Sebulan menjelang pilpres, jajak pendapat menunjukkan Mitt Romney (kiri) dan Presiden Obama mendapat dukungan yang berimbang (foto: dok).

Satu bulan menjelang pemilu presiden Amerika, jajak-jajak pendapat menunjukkan persaingan antara Presiden Barack Obama dan Mitt Romney dari partai Republik umumnya seimbang.

Pusat Riset Pew memberi Romney unggul empat poin sementara Gallup menempatkan presiden Obama unggul tiga poin.

Romney menutup kesenjangan pada jajak-jajak pendapat setelah debat presiden yang pertama minggu lalu yang berfokus pada ekonomi. Para analis mengatakan Romney tampak lebih nyaman dan siap sementara penampilan presiden Obama tampak tidak bersemangat.

Kedua calon hari Selasa berkampanye di Ohio dan Iowa dua negara bagian yang disebut swing state yang bisa menentukan hasil pemilu.

Berbicara di Ohio State University di Columbus, Presiden Obama mendesak mahasiswa untuk mendaftar dan memilih, mengatakan semua yang diperjuangkan Partai Demokrat pada tahun 2008 masih akan dijalankan. Ia mengatakan Amerika sudah melaksanakan langkah-langkah untuk mengatasi resesi dan tidak bisa kembali ke kebijakan gagal dari pemerintahan Presiden Bush sebelumnya.

Mitt Romney mengunjungi peternakan di Van Meter, Iowa dan membela rencana pajaknya. Ia memberitahu koran Des Moines Register bahwa ia ingin menyederhanakan kode pajak dan memangkas pajak bagi warga kelas menengah. Ia mengatakan rencana Presiden Obama untuk menaikkan pajak bagi warga kaya Amerika tidak akan menciptakan lapangan kerja.
XS
SM
MD
LG