Tautan-tautan Akses

Jajak Pendapat: Tak Banyak Simpatisan ISIS di Dunia Muslim


Seorang perempuan melepaskan merpati sebagai simbol perdamaian dalam demonstrasi menentang ISIS di di Jakarta. (Foto: Dok)

Seorang perempuan melepaskan merpati sebagai simbol perdamaian dalam demonstrasi menentang ISIS di di Jakarta. (Foto: Dok)

Hasil survei di tiap negara tidak ada yang menunjukkan lebih dari 15 persen penduduk bersikap senang terhadap ISIS, menurut Pew Research.

Hasil survei baru Pew Research Center menunjukkan mayoritas Muslim tampaknya berpandangan sangat negatif terhadap kelompok Negara Islam (ISIS). Survei dilakukan di 11 negara dengan populasi Muslim yang signifikan, termasuk beberapa negara Timur Tengah dan Afrika.

"Hasil survei di tiap negara tidak ada yang menunjukkan lebih dari 15 persen penduduk bersikap senang terhadap ISIS," ujar Pew dalam ringkasan survei yang dilakukan musim semi lalu.

"Dalam kelompok negara yang beragam, enam dari 10 atau lebih berpendapat negatif terhadap ISIS, mencakup Indonesia, Turki, Nigeria, Burkina Faso, Malaysia dan Senegal," kata Pew.

Di Lebanon, negara yang berbatasan dengan kubu ISIS di Suriah, 100 persen responden berpendapat negatif terhadap kelompok militan itu. Di Malaysia, 67 persen Muslim dan 65 persen Budha berpandangan tidak senang pada ISIS.

Kepada VOA, cendekiawan Muslim di Chicago, Zafar Iqbal mengatakan ke-52 negara Muslim seharusnya maju dan berperan aktif menentang ISIS.

Organisasi Kerjasama Islam juga mengimbau pemerintah dan organisasi-organisasi internasional "merapatkan barisan dan terlibat aksi nyata bersama memerangi momok teroris yang secara umum telah menjadi musuh kemanusiaan." [ka]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG