Tautan-tautan Akses

Jajak Pendapat Pilpres 2012: Obama Ungguli Calon-Calon Partai Republik


Debat Capres Republik di New Hampshire (14/6), dari kiri: mantan Ketua DPR AS Newt Gingrich, Mitt Romney, dan anggota Kongres Ron Paul.

Debat Capres Republik di New Hampshire (14/6), dari kiri: mantan Ketua DPR AS Newt Gingrich, Mitt Romney, dan anggota Kongres Ron Paul.

Jajak pendapat Universitas Quinnipiac menunjukkan Presiden Obama unggul ketika diadu dengan setiap calon Presiden Partai Republik.

Sebuah jajak pendapat baru menunjukkan Presiden Amerika Barack Obama mengungguli semua kandidat terkenal dari Partai Republik yang mungkin menantangnya dalam pemilu presiden 2012.

Jajak pendapat Universitas Quinnipiac yang dikeluarkan hari Rabu, menunjukkan Presiden Obama meraih 50 persen atau lebih ketika diadu dengan setiap calon Partai Republik – kecuali mantan Gubernur Massachusets Mitt Romney. Tetapi Presiden Obama masih mengungguli Romney 47 persen – 41 persen.

Presiden Obama juga unggul dari Partai Republik dalam hal pengumpulan dana. Tim kampanyenya hari Rabu mengumumkan, pihaknya mengumpulkan 86 juta dolar dalam tiga bulan ini, melebihi target 60 juta dolar untuk periode itu. Dana-dana tersebut dikumpulkan untuk kampanye tersebut dan Partai Demokrat. Manajer Kampanye Obama – Jim Messina mengatakan lebih dari 550 ribu orang memberikan dana, sementara setiap sumbangan kurang dari 250 dolar. Rata-rata sumbangan sebesar 69 dolar.

Romney mengungguli para kandidat dari Partai Republik dalam pengumpulan dana, membawa lebih dari 18 juta dolar dari bulan April hingga Juni. Seorang kandidat Partai Republik yang prestasinya semakin baik dalam jajak pendapat ini adalah anggota Kongres dari Minnesota – Michele Bachmann, yang menurut jajak pendapat Qunnipiac “melonjak”. Jajak pendapat itu menunjukkan Bachmann berada di belakang Romney dalam nominasi Partai Republik tersebut, dengan 25 persen atas 14 persen.

XS
SM
MD
LG