Tautan-tautan Akses

Jajak Pendapat: Kinerja Presiden Jokowi Belum Penuhi Harapan


Seorang aktivis berunjuk rasa di depan Istana Merdeka dalam aksi 100 hari Presiden Jokowi, Rabu, 28 Januari 2015. (Foto: VOA/Andylala)

Seorang aktivis berunjuk rasa di depan Istana Merdeka dalam aksi 100 hari Presiden Jokowi, Rabu, 28 Januari 2015. (Foto: VOA/Andylala)

Presiden Jokowi belum memenuhi harapan rakyat dalam bulan-bulan pertamanya memimpin Indonesia, demikian hasil jajak pendapat Lingkar Survei Indonesia yang dilansir baru-baru ini dan dimuat di harian The Wall Street Journal.

Lingkar Survei Indonesia (LSI) mendapati hampir 54 persen responden tidak puas dengan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi), sedang 42 persen menyatakan puas. Survei melalui ponsel itu dilakukan terhadap 1.200 orang di 34 provinsi pada 26 dan 27 Januari lalu.

Sebelum Jokowi mulai menjabat pada Oktober lalu, survei LSI pada bulan Agustus mendapati hampir 75 persen orang Indonesia menyatakan berharap besar pemerintahan Jokowi akan memperbaiki negara.

LSI melakukan survei lainnya pada bulan November, tidak lama setelah Jokowi menaikkan harga BBM. Hasilnya menunjukkan bahwa 44 persen responden tidak puas dengan kinerjanya, seraya menyebut mereka sengsara karena keputusan Jokowi menaikkan harga BBM.

Peneliti LSI Alfaraby menyatakan Jokowi telah kehilangan momen dalam 100 hari pertamanya menjabat untuk meyakinkan rakyat bahwa ia dapat membuat kebijakan yang baik.

Rakyat masih tidak puas mengenai harga BBM, tetapi isu-isu lain juga menambah ketidakpuasan mereka. Pencalonan jenderal berbintang tiga Budi Gunawan sebagai Kapolri, yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus suap oleh Komite Pemberantasan Korupsi (KPK), adalah salah satu poin yang mengesalkan banyak orang.

Alfaraby mengatakan Jokowi perlu menyimak keprihatinan rakyat dan meninjau kembali keputusan-keputusannya yang dikritik keras dan membatalkan pencalonan Budi Gunawan sebagai Kapolri. Ia menambahkan, Jokowi harus menyadari bahwa hari-harinya melakukan blusukan dan pencitraan telah berlalu.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG