Tautan-tautan Akses

Jabarkan Rencana Ekonomi Baru, Obama Adakan Lawatan ke 5 Negara Bagian


Presiden Amerika Barack Obama (Foto: dok).

Presiden Amerika Barack Obama (Foto: dok).

Presiden Amerika Barack Obama akan memulai lawatan tiga hari ke lima negara bagian hari Rabu (25/1) untuk menjelaskan rencana ekonomi yang diungkapkannya dalam pidato kenegaraannya Selasa malam.

Presiden Obama, yang sedang menghadapi usahanya untuk terpilih kembali tahun ini, menguraikan garis besar rencana ekonomi baru yang menurutnya akan memberi manfaat bagi setiap orang, bukan hanya orang kaya.

Berpidato di hadapan sidang gabungan kedua majelis Kongres Amerika dan jutaan orang melalui tayangan televisi, presiden Obama mengatakan rencananya untuk pembangunan ekonomi yang tahan lama, berlandaskan industri manufaktur, energi, ketrampilan pekerja Amerika dan pembaharuan nilai-nilai Amerika.

Ia memperingatkan fraksi Republik di Kongres bahwa ia akan melawan setiap usaha untuk kembali ke ekonomi yang katanya diperlemah oleh pemindahan lapangan pekerjaan ke luar negeri, kredit macet dan laba keuangan yang palsu.

Presiden Obama akan membawa pesannya minggu ini dalam lawatannya ke negara bagian Iowa, Arizona, Nevada dan Michigan.

Dalam tanggapan dari partai Republik, Gubernur Indiana Mitch Daniels mengatakan Presiden Obama telah beralih ke “ekstremisme” dengan kebijakan anti-pertumbuhan dan rencana untuk memecah-belah rakyat Amerika bukan menyatukan mereka. Dikatakannya pemerintahan Obama telah berusaha memikat hati sebagian rakyat Amerika dengan mengecam lainnya, dan menyebut kebijakan Obama pro-kemiskinan.

XS
SM
MD
LG