Tautan-tautan Akses

Izin Pangkalan Udara baru AS di Pulau Okinawa Ditangguhkan


Gubernur Okinawa, Takeshi Onaga memberikan keterangan kepada media (foto: dok).

Gubernur Okinawa, Takeshi Onaga memberikan keterangan kepada media (foto: dok).

Gubernur Okinawa, memenuhi janjinya untuk mencabut izin pembangunan sebuah pangkalan udara baru Amerika di pulau tersebut, Selasa (13/10).

Gubernur Okinawa, pulau di bagian selatan Jepang, telah memenuhi janjinya untuk mencabut izin pembangunan sebuah pangkalan udara baru Amerika di pulau tersebut, sehingga memunculkan kemungkinan perselisihan hukum dengan pemerintah pusat di Tokyo.

Takeshi Onaga mengumumkan langkah itu hari Selasa (13/10), satu bulan setelah ia mengatakan pemerintahnya akan mengambil tindakan setelah mendapati “cacat” dalam izin awal yang dikeluarkan pendahulunya.

Onaga dipilih tahun lalu dengan janjinya semasa kampanye untuk memblokir relokasi Pangkalan Udara Korp Marinir Amerika Futenma, dari daerah yang padat penduduk di Okinawa ke daerah Henoko yang masih belum berkembang.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga menyebut keputusan gubernur itu “patut disesalkan.” Ia bertekad pembangunan di pangkalan udara tersebut akan dilanjutkan meskipun Onaga mengambil tindakan bertentangan dengan itu. [uh]

XS
SM
MD
LG