Tautan-tautan Akses

AS

Ivanka Trump Angkat Isu yang Tak Disentuh Ayahnya

  • Associated Press

Ivanka Trump memperkenalkan ayahnya, Donald Trump, sebagai kandidat presiden AS dari Partai Republik di Cleveland (21/7).

Ivanka Trump memperkenalkan ayahnya, Donald Trump, sebagai kandidat presiden AS dari Partai Republik di Cleveland (21/7).

Donald Trump sejauh ini tidak pernah membahas biaya penitipan anak atau kesenjangan pendapatan di antara gender dalam kampanye kepresidenannya.

Putri Donald Trump pada pidato hari Kamis (21/7) berjanjinya bahwa ayahnya akan berjuang untuk kesetaraan penghasilan untuk perempuan dan biaya penitipan anak yang terjangkau, dua isu yang sangat jarang atau bahkan tidak pernah dibahas kandidat presiden AS tersebut dalam kampanyenya.

Ivanka Trump mendapat sambutan hangat pada Konvensi Nasional Partai Republik. Pidatonya memicu tepukan tangan berulang kali dan pujian dari para delegasi dalam arena.

Menampilkan sisi ayahnya yang jarang terlihat saat kampanye, Ivanka menyebut ayahnya seorang pemimpin yang akan berjuang menanggulangi masalah pinjaman mahasiswa dan akan mengupayakan persamaan penghasilan untuk para ibu dan perempuan lajang.

"Sebagai presiden, ayah saya akan mengubah undang-undang ketenagakerjaan yang disahkan ketika jumlah perempuan di tempat kerja belum signifikan, dan ia akan fokus untuk membuat biaya penitipan anak berkualitas terjangkau dan dapat diakses oleh semua orang," ujar Ivanka Trump.

Donald Trump sejauh ini tidak pernah membahas biaya penitipan anak atau kesenjangan pendapatan di antara gender dalam kampanye kepresidenannya. Isu-isu ini biasanya ditampilkan Partai Demokrat.

Pernyataan-pernyataan Trump mengenai perempuan di tempat kerja diantaranya menyebut kehamilan "ketidaknyamanan (untuk tempat kerja)" dan ia mengatakan kepada seorang pemilih di New Hampshire tahun lalu bahwa perempuan akan menerima penghasilan yang sama dengan laki-laki "bila mereka melakukan pekerjaan yang sama bagusnya."

Hari Kamis, Ivanka Trump mengatakan ayahnya "akan berjuang untuk pendapatan yang setara untuk pekerjaan yang sama."

Ia bersumpah bahwa ayahnya akan "fokus untuk membuat biaya penitipan anak terjangkau dan dapat diakses semua orang" jika terpilih nanti.

Ivanka Trump sangat populer di kalangan delegasi.

"Ia menunjukkan sisi Trump yang lebih halus," ujar Chris Herrod, direktur negara bagian untuk Ted Cruz di Utah.

"Ia menyentuh isu gender terkait pendapatan yang sangat penting. Dan ia berbicara mengenai keluarga. Saya kira ia telah melakukannya sangat, sangat baik."

Delegasi negara bagian Wisconsin, Kathy Kiernan menyebut pidato Ivanka "sempurna."

"Saya kira ia luar biasa. Saya rasa melihat anak-anaknya dan betapa hebatnya mereka dan betapa mereka mencintai ayah mereka memperlihatkan bagaimana pria tersebut sebagai orangtua," ujar Kiernan. "Saya kira ia adalah salah satu aset terbaik (Donald Trump)."

Delegasi California Shawn Steel mengatakan pidato Ivanka Trump merupakan "poin positif dari seluruh konvensi bagi saya."

"(Donald) menyentuh pekerja kerah biru, (Ivanka) menjangkau milenial. Sebuah kombinasi yang dahsyat," ujar Steel. "Saya sudah katakan berulang kali, perempuan ini aset Donald yang terbesar." [hd]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG