Tautan-tautan Akses

Ivanishvili Tarik Seruan agar Presiden Georgia Saakashvili Mundur


Bidzina Ivanishvili telah menarik seruan sebelumnya agar Presiden Georgia Mikheil Saakashvili mundur (foto: dok).

Bidzina Ivanishvili telah menarik seruan sebelumnya agar Presiden Georgia Mikheil Saakashvili mundur (foto: dok).

Pemenang dalam pemilihan legislatif Georgia, Bidzina Ivanishvili, menarik seruannya yang mendesak agar Presiden Mikheil Saakashvili meletakkan jabatan.

Konglomerat Georgia, Bidzina Ivanishvili hari Rabu mengatakan, ia tidak mengeluarkan ultimatum dalam minta agar Saakashvili mundur.

Selain menarik seruan sebelumnya, Ivanishvili juga menawarkan untuk bekerjasama dengan Saakashvili dalam pembentukan pemerintah baru.

Sebelumnya, ketua parlemen David Barkadze mengatakan, seruan Ivanishvili agar Saakashvili meletakkan jabatan melanggar konstitusi, yang menetapkan bahwa presiden harus membantu pemenang pemilu membentuk pemerintah baru.

Koalisi Impian Georgia yang dipimpin Ivanishvili, memenangkan pemilu legislatif hari Senin. Hari Selasa, Saakashvili mengaku kalah dan berjanji akan membantu oposisi membentuk pemerintah. Ia akan tetap menjadi presiden sampai masa jabatannya berakhir tahun depan.

Menurut konstitusi baru, banyak wewenang presiden akan diserahkan kepada perdana menteri. Ivanishvili diduga akan menduduki jabatan itu.
XS
SM
MD
LG