Tautan-tautan Akses

Italia Tengah Kembali Diguncang Gempa Kuat


Orang-orang dievakuasi dari sebuah rumah sakit setelah gempa bumi di Rieti, Italia, 30 Otober 2016.

Orang-orang dievakuasi dari sebuah rumah sakit setelah gempa bumi di Rieti, Italia, 30 Otober 2016.

Italia tengah kembali diguncang gempa bumi kuat, yang terbaru sejak gempa maut bulan Agustus.

Badan perlindungan sipil Italia mengatakan gempa kuat yang berkekuatan 6,6 Minggu pagi (30/10) itu merubuhkan gedung-gedung di banyak tempat di seluruh daerah itu dan mengakibatkan korban luka ringan.

Basilika Santa Benediktus abad ke-14 di Umbrian runtuh, dan hanya dinding depannya yang masih tegak. Biarawan Benediktus berdoa sebelum gedung itu runtuh.

Michele Franchi, wakil walikota Arquata del Tronto, mengatakan kepada televisi Rai, ”gempa pagi ini telah merusak beberapa bangunan yang masih berdiri. Kami terpaksa harus mulai dari nol.”

Getaran gempa bumi hari Minggu itu dirasakan sampai sejauh Bozano di utara, dekat perbatasan Austria dan ke selatan sampai sejauh daerah Puglia di ujung selatan semenanjung Italia.

Pusat gempa yang dangkal itu adalah enam kilometer sebelah utara Norcia, dan dirasakan di Roma, yang jaraknya 117 kilometer.

Daerah itu telah mengalami gempa susulan sejak gempa bumi bulan Agustus yang menewaskan hampir 300 orang. Gempa susulan yang kuat melanda daerah itu hari Rabu lalu. [gp]

XS
SM
MD
LG