Tautan-tautan Akses

Italia Kuasai Kapal Pengangkut Ratusan Migran


Para petugas medis membantu para migran penumpang kapal Blue Sky saat mendarat di Gallipoli, Italia (31/12).

Para petugas medis membantu para migran penumpang kapal Blue Sky saat mendarat di Gallipoli, Italia (31/12).

Pihak berwenang Italia telah menguasai kapal kargo yang mengangkut ratusan migran yang diterlantarkan awaknya di lepas pantai Italia.

Para penjaga pantai Italia hari Jumat (2/1) diturunkan dari helikopter ke dek kapal Ezadeen, yang berlayar dari Turki.

Tidak ada seorang pun awak dalam kapal yang berlayar di bawah bendera Sierra Leone itu. Kapal tersebut mengalami kerusakan mesin di tengah laut dan mengapung sekitar 40 kilometer dari lepas pantai Crotone di Italia selatan. Pihak berwenang memperkirakan sekitar 450 orang berada dalam kapal tersebut, termasuk perempuan dan anak-anak. Sebagian besar diperkirakan warga Suriah.

Sebelumnya, seorang penumpang mampu mengoperasikan radio kapal itu dan memberitahu pihak berwenang bahwa awaknya telah melompat dari kapal.

Ini merupakan kedua kalinya dalam sepekan, penjaga pantai Italia menyelamatkan kapal semacam itu.

Hari Rabu, pelaut-pelaut Italia mencegat kapal barang yang mengangkut lebih dari 700 migran, yang beroperasi dengan pilot otomatis dan hampir menabrak bebatuan di pantai Italia tenggara. Kapal tersebut telah diterlantarkan olehpara penyelundup manusia.

Kapal Kargo Blue Sky yang terdaftar di Moldova tersebut berjarak 8 kilometer dari bencana sebelum enam awak angkatan laut diturunkan ke kapal itu dengan helikopter dan berhasil mengendalikan kapal, yang kemudian dipandu dengan aman ke pelabuhan Gallipoli, Italia selatan.

Umumnya orang yang berada dalam kapal Blue Sky itu adalah pengungsi Suriah dan Kurdi.


XS
SM
MD
LG