Tautan-tautan Akses

Italia Selamatkan 4.400 Migran di Laut Tengah


In this photo provided by the Italian Navy, migrants are approached by an Italian Navy dinghy boat in the Mediterranean sea, Aug. 22, 2015.

In this photo provided by the Italian Navy, migrants are approached by an Italian Navy dinghy boat in the Mediterranean sea, Aug. 22, 2015.

Penjaga pantai Italia mengatakan hari Minggu (23/8) bahwa tentara Italia telah menyelamatkan 4.400 migran di lepas pantai Libya dalam satu hari setelah mendapatkan permintaan pertolongan dari lebih dari 20 kapal.

Italia secara rutin melakukan penyelamatan serupa, membawa ratusan migran ke daratannya, tapi jumlah orang yang diselamatkan pada hari Sabtu tersebut merupakan sebuah operasi yang besar.

Dalam setahun ini, lebih dari 100.000 orang berhasil menyeberangi Laut Tengah dan tiba di Italia.

Perjalanan tersebut berbahaya, dengan banyak kapal kecil yang berjuang di perairan yang keras atau membawa terlalu banyak orang.

Lebih dari 2.300 orang tewas ketika mencoba mencapai Eropa tahun ini. Ada 3.279 korban jiwa yang mencoba mencapai Eropa sepanjang tahun 2014.

Eropa bergulat untuk mengatasi arus migran ini. Mereka biasanya tiba pertama kali di Italia dan Yunani, dan kadang-kadang menuju ke negara-negara utaran Eropa, di mana beberapa komunitas menyambut mereka dengan baik dan beberapa lainnya memprotes kedatangan mereka.

Beberapa materi laporan ini berasal dari AFP dan Reuters.

XS
SM
MD
LG