Tautan-tautan Akses

Italia Selamatkan 3.500 Migran, 18 Tewas di Laut


Anggota penjaga pantai Libya menemukan tubuh migran yang tenggelam di perairan Tripoli, 23 Agustus 2014.

Anggota penjaga pantai Libya menemukan tubuh migran yang tenggelam di perairan Tripoli, 23 Agustus 2014.

Pihak berwenang Italia mengatakan telah menyelamatkan 3.500 migran dan menemukan paling tidak 18 mayat migran di Laut Tengah sejak Jumat (24/8).

Jumlah migran yang hendak menuju Italia dari Libya dan negara-negara Afrika Utara lainnya melonjak pada musim panas ketika laut lebih tenang. Sekitar 100.000 migran telah datang ke Italia tahun ini.

Komisaris urusan internal Uni Eropa Cecilia Malmstrom mengatakan Komisi Eropa berkomitmen untuk membantu Italia menyelamatkan dan membantu para migran tersebut.

Italia mengatakan menghabiskan 13 juta dollar per bulan untuk patroli udara dan laut, yang mulai dilakukan setelah tragedi Oktober lalu di mana lebih dari 360 migran tenggelam di pesisir pulau Lampedusa, Italia.

Libya menjadi titik pemberangkatan utama bagi warga Afrika yang ingin pergi ke Eropa untuk mencari pekerjaan dan kondisi hidup yang lebih baik daripada di negara mereka. Kecelakaan di laut, biasanya akibat kapal yang terlalu padat dan tidak stabil, setiap tahun mengakibatkan ratusan kematian migran dari Afrika Utara.

XS
SM
MD
LG