Tautan-tautan Akses

Italia Larang Penggunaan Kantong Plastik Mulai 1 Januari


Seorang konsumen di supermarket di Roma menggunakan kantung plastik. Mulai tahun baru 2011 kantung plastik akan dilarang dipakai di Italia.

Seorang konsumen di supermarket di Roma menggunakan kantung plastik. Mulai tahun baru 2011 kantung plastik akan dilarang dipakai di Italia.

Pemerintah Italia mengharuskan toko-toko dan pasar beralih ke kantong yang terbuat dari bahan yang dapat membusuk atau biodegradable.

Italia akan melarang penggunaan kantong plastik belanja atau tas keresek di seluruh negara itu mulai tanggal 1 Januari dan mengharuskan toko-toko dan pasar beralih ke kantong yang terbuat dari bahan yang dapat membusuk atau biodegradable.

Pemerintah Italia diduga negara yang pertama di Uni Eropa yang melarang penggunaan kantong plastik, walaupun beberapa negara Eropa mengenakan pungutan atas penggunaan keresek tersebut.

Warga Italia termasuk pengguna terbesar kantong plastik belanja di Uni Eropa, yang menggunakan lebih dari 300 per orang setiap tahun. Menteri Lingkungan Italia Stefania Prestigiacomo mengatakan larangan itu adalah satu langkah penting melawan polusi dan mendukung pendauran ulang.

Pemerintah telah berusaha menggalakkan penggunaan kantong kain atau kertas dan bahan-bahan yang dapat didaur-ulang. Sebagian pembelanja dan pengecer telah mengeluh bahwa kantong yang dapat membusuk, terutama kantong kertas, tidak aman karena mudah sobek kalau basah.

Organisasi-organisasi lingkungan menyambut baik larangan itu, yang akan mulai berlaku hari Sabtu walaupun mendapat tentangan dari para pengecer.

Pabrik-pabrik Italia sedang berusaha membuat kantong belanja dengan berbagai mode yang menarik.

XS
SM
MD
LG