Tautan-tautan Akses

Italia Harus Menang atau Tersingkir Memalukan

  • Arif Budiman

Italia lebih dahulu kebobolan saat bertanding melawan Selandia Baru ini pada hari Minggu lalu. Pertandingan Grup F ini berakhir seri, 1-1.

Italia lebih dahulu kebobolan saat bertanding melawan Selandia Baru ini pada hari Minggu lalu. Pertandingan Grup F ini berakhir seri, 1-1.

Italia menghadapi prospek mengulang sejarah memalukan tahun 2002, di mana Perancis sebagai juara bertahan ketika itu gagal melalui tahapan grup.

Tim-tim yang tergabung dalam kelompok E dan F memainkan pertandingan terakhir mereka di putaran pembukaan Piala Dunia hari ini. Juara bertahan Italia menghadapi Slowakia, Paraguay bertemu Selandia Baru, Denmark bertemu Jepang dan Kamerun menantang Belanda.

Di Grup F, keempat tim memiliki peluang untuk maju ke putaran kedua. Italia membutuhkan kemenangan saat menghadapi Slowakia di Johannesburg, atau menghadapi prospek mengulang sejarah memalukan tahun 2002, di mana Perancis sebagai juara bertahan ketika itu gagal melalui tahapan grup.

Di Polokwane, Selandia Baru berusaha untuk mengejar mimpinya untuk maju ke tahap sistem gugur saat menghadapi pemimpin Grup F, Paraguay. Negara Kiwi ini bermain imbang dalam dua pertandingan pertama mereka sehingga memiliki dua poin, seperti halnya Italia, dan kemenangan akan membawa mereka ke putaran kedua. Paraguay mengantungi empat poin, sementara Slowakia hanya satu poin.

Di Rustenburg, Denmark akan menghadapi Jepang dalam pertandingan yang akan menentukan tim terakhir dari Grup E yang akan melaju ke putaran berikutnya. Kedua tim memiliki tiga poin, di mana Denmark memerlukan kemenangan sedang Jepang hanya memerlukan hasil seri untuk maju ke tahap sistem gugur.

Pertandingan antara Belanda dan Kamerun bukanlah laga menentukan. Kamerun yang telah kalah dua kali sudah pasti tersingkir, sedang Belanda yang meraih kemenangan di dua laga sebelumnya sudah meraih tiket ke putaran kedua. Belanda mengantongi enam poin sedang Kamerun hanya satu.

Amerika, Juara Grup C

Sementara itu, Amerika berhasil melaju ke putaran sistem gugur setelah mengalahkan Aljazair 1-0, melalui laga terakhir grup yang mendebarkan di Pretoria.

Setelah sempat kehilangan beberapa peluang, Landon Donovan memanfaatkan perpanjangan waktu untuk menciptakan satu-satunya gol kemenangan bagi Amerika. Gol di menit ke-91 itu memastikan Amerika sebagai juara Grup C dengan lima poin.

Ini merupakan kali pertama Amerika menjuarai grup Piala Dunia sejak 1930.

Inggris juga meraih lima poin setelah mengalahkan Slovenia 1-0, lewat gol yang diciptakan Jermain Defoe pada menit ke-23. Namun Amerika berhasil memimpin grup karena selisih gol. Dengan kekalahan yang dialami, Aljazair dan Slovenia tersingkir dari turnamen akbar ini.

Jerman akan Hadapi Inggris

Tampil sebagai juara Grup D setelah mengalahkan Ghana 1-0 pada pertandingan terakhir babak penyisihan di Soccer City, Johannesburg, membuat Jerman harus berhadapan lebih awal dengan musuh kebuyutan Inggris di babak 16 besar. Pertandingan 16 besar antara dua musuh besar tersebut akan berlangsung di Bloemfontein, pada hari Minggu mendatang.

Dari total 31 pertemuan antara dua tim papan atas Eropa tersebut, Inggris masih unggul dengan 15 kali menang, sementara Jerman hanya menang 10 kali. Enam lainnya berakhir imbang.

Salah satu kekalahan besar Jerman yang sulit dilupakan adalah saat menyerah 2-4 di final Piala Dunia 1966 di Stadion Wembley. Tapi setelah itu, Jerman lebih sering menang di turnamen besar, di antaranya saat menyingkirkan Inggris di semifinal Piala Dunia 1990 di Torino untuk kemudian tampil sebagai juara.

XS
SM
MD
LG