Tautan-tautan Akses

Italia Diperkirakan Bentuk Pemerintahan Koalisi


Televisi menampilkan pemimpin partai Demokrat Italia, Pierluigi Bersani di sebuah media center di Roma (26/2).

Televisi menampilkan pemimpin partai Demokrat Italia, Pierluigi Bersani di sebuah media center di Roma (26/2).

Hasil pemilihan parlemen Italia tidak menunjukkan kejelasan partai yang unggul. Pihak-pihak yang bersaing akan berjuang untuk membentuk pemerintahan koalisi.

Koalisi kiri-tengah yang dipimpin oleh Pier Luigi Bersani mendapat suara terbanyak di majelis rendah - sekitar 125.000, atau 29,55 persen - tapi jumlah itu sangat dekat dengan angka 29,18 persen yang dimenangkan partai berhaluan kanan yang dipimpin oleh mantan perdana menteri Silvio Berlusconi.

Secara mengejutkan, gerakan yang dipimpin oleh pelawak Beppe Grillo yang dikenal sebagai Gerakan Bintang Lima merebut pangsa suara terbesar ketiga di majelis rendah, mengisyaratkan rasa frustrasi rakyat Italia dengan politik Italia dan kondisi ekonomi yang buruk.

Hasil untuk majelis tinggi, Senat, masih belum jelas, meskipun partai Berlusconi menunjukkan suara yang kuat. Koalisi membutuhkan 160 kursi di Senat untuk menjadi mayoritas yang cukup kuat, dan Berlusconi mungkin tidak mampu mengumpulkan dukungan yang cukup untuk menjadi perdana menteri yang keempat kalinya.
XS
SM
MD
LG