Tautan-tautan Akses

Italia Adakan Referendum tentang Jangka Waktu Konsesi Migas


Instalasi minyak dan gas yang dibangun perusahaan Italia Eni, Mellitah, Libya.

Instalasi minyak dan gas yang dibangun perusahaan Italia Eni, Mellitah, Libya.

Referendum mengenai jangka waktu konsesi pengeboran migas lepas pantai di perairan Italia akan dilakukan oleh rakyat Italia. Banyaknya migas yang dipertaruhkan adalah sama dengan 3 persen permintaan gas dalam negeri Italia setiap tahun dan satu persen permintaan minyak satu tahun.

Rakyat Italia sedang memberi suara dalam referendum mengenai jangka waktu konsesi pengeboran migas lepas pantai di perairan Italia, sementara 9 pemerintah daerah berusaha merebut sebagian kewenangan atas kebijakan energi dari pemerintah pusat di Roma.

Perdana Menteri Matteo Renzi mengatakan ia akan abstain dari pemungutan suara hari Minggu (17/4), yang memberi isyarat bahwa ini akan menghentikan pemungutan suara parlemen yang memerlukan kuorum 50 persen tambah satu untuk mengesahkan pemungutan suara.

Pertentangan mulai ketika pemerintahan Renzi bulan Desember memperpanjang semua konsesi 30-tahun yang sudah ada, dalam jarak 20 kilometer dari pantai, sampai migasnya habis. Ini menimbulkan kemarahan pemerintah daerah, yang prihatin mengenai keselamatan, lingkungan dan menganjurkan kebijakan energi yang lebih mengutamakan energi yang diperbarukan.

Banyaknya migas yang dipertaruhkan adalah sama dengan 3 persen permintaan gas dalam negeri Italia setiap tahun dan satu persen permintaan minyak satu tahun. [gp]

XS
SM
MD
LG