Tautan-tautan Akses

Isu Ukraina Bayangi Pembukaan KTT Uni Eropa


Presiden Lithuania Dalia Grybauskaite (kanan) berbicara dengan Menlu Perancis Laurent Fabius menjelang pembukaan KTT Uni Eropa di Vilnius (28/11).

Presiden Lithuania Dalia Grybauskaite (kanan) berbicara dengan Menlu Perancis Laurent Fabius menjelang pembukaan KTT Uni Eropa di Vilnius (28/11).

KTT Uni Eropa dibuka hari ini (28/11) di Lithuania dibayangi oleh keputusan Ukraina untuk tidak menandatangani kesepakatan perdagangan dengan blok itu.

KTT Uni Eropa dibuka hari Kamis (28/11) di ibukota Lithuania, Vilnius. KTT itu dibayangi oleh keputusan Ukraina untuk tidak menandatangani kesepakatan perdagangan dengan blok itu.

Kepala-kepala pemerintahan dan para pejabat lain dari 28 negara anggota Uni Eropa menghadiri KTT dua hari itu untuk melangsungkan pembicaraan mengenai perluasan blok tersebut ke negara-negara bekas Soviet di Eropa Timur.

KTT itu tadinya diperkirakan akan menandai penandatangan kesepakatan bersejarah untuk memperluas zona perdagangan bebas antara Uni Eropa dan Ukraina. Namun, Kyiv membatalkan kesepakatan itu dan malah mendukung usaha meningkatkan hubungan dengan Rusia.

Keputusan itu mengundang protes massal orang-orang pro Uni Eropa di Ukraina. Ribuan orang berkumpul di Kyiv sepekan lalu, mendesak Ukraina agar menandatangani kesepakatan perdagangan dengan Uni Eropa.

Presiden Ukraina Viktor Yanukovych masih berencana menghadiri KTT itu untuk membahas kemungkinan pembicaraan tiga pihak dengan Rusia dan Uni Eropa mengenai ekonomi Ukraina.
XS
SM
MD
LG