Tautan-tautan Akses

AS

Isu Ekonomi akan Dominasi Pidato Kenegaraan Obama


Seorang pencari kerja berbicara dengan pegawai SDM maskapai penerbangan Delta di sebuah pameran lowongan pekerjaan di Marietta, Georgia, AS. (Foto: Dok)

Seorang pencari kerja berbicara dengan pegawai SDM maskapai penerbangan Delta di sebuah pameran lowongan pekerjaan di Marietta, Georgia, AS. (Foto: Dok)

Jutaan orang Amerika masih menganggur lebih dari lima tahun setelah krisis ekonomi terburuk sejak Depresi Besar 1930an, dengan tingkat pengangguran terbaru mencapai 6,7 persen.

Perekonomian negara akan menjadi fokus pidato kenegaraan tahunan Presiden Amerika Barack Obama Selasa (28/1).

Dalam surat elektronik kepada pendukung Sabtu, penasehat senior Gedung Putih Dan Pfeiffer mengatakan, Presiden Obama "akan membeberkan serangkaian usul yang nyata, konkret, dan praktis guna menumbuhkan perekonomian, memperkuat kelas menengah, dan memberdayakan semua orang yang berharap masuk dalam kelas menengah."

Menurut Pfeiffer, ada tiga kata untuk meringkas pesan Obama dalam pidato di depan Kongres yaitu: "kesempatan, tindakan, dan optimisme."

Jutaan orang Amerika masih menganggur lebih dari lima tahun setelah krisis ekonomi terburuk sejak Depresi Besar 1930an. Data terbaru menunjukkan tingkat pengangguran nasional Amerika mencapai 6,7 persen.

Pfeiffer mengatakan Presiden Obama akan berusaha bekerja sama dengan Kongres dalam tahun ini, yang dinyatakan Gedung Putih sebagai "tahun bertindakā€, tetapi ia tidak akan menunggu anggota Kongres "kalau lapangan pekerjaan dan mata pencarian orang Amerika menuntut segera diambil tindakan."

Peringatan itu disampaikan sementara perpecahan antara Partai Republik dan Partai Demokrat masih tinggi, dan tingkat persetujuan rakyat terhadap kinerja presiden masih rendah.

Pfeiffer menambahkan Presiden Obama akan menggunakan pidato kenegaraannya itu untuk membela undang-undang jaminan kesehatannya yang ditentang kuat Partai Republik, sambil mendorong reformasi undang-undang imigrasi dan membahas berbagai isu internasional termasuk penarikan pasukan Amerika dari Afghanistan dan proses perundingan damai dengan Iran.

Ini adalah pidato kenegaraan Obama yang kelima, sejak ia terpilih menjadi presiden tahun 2008.
XS
SM
MD
LG