Tautan-tautan Akses

Isteri Pemenang Nobel Jadi Tahanan Rumah di Beijing


Tak lama setelah pengumuman suaminya memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian, pemerintah Tiongkok menahan Liu Xia di rumahnya.

Tak lama setelah pengumuman suaminya memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian, pemerintah Tiongkok menahan Liu Xia di rumahnya.

Liu Xia mengatakan melalui Twitter bahwa ia tidak diizinkan meninggalkan apartemennya dan saluran teleponnya telah terputus.

Isteri Liu Xiaobo, pemenang Hadiah Nobel Perdamaian dari Tiongkok, telah mengatakan kepada dunia internasional dirinya dikenakan tahanan rumah. Liu Xia mengatakan melalui Twitter, dirinya tidak diizinkan meninggalkan apartemennya di Beijing sejak pemerintah Tiongkok mengizinkannya mengunjungi suaminya di penjara pada pagi harinya.

Ia juga mengatakan saluran teleponnya telah terputus. Senin ini, pemerintah Norwegia mengatakan Tiongkok telah membatalkan sebuah pertemuan dengan seorang menteri pemerintah yang berkunjung, menyusul peringatan bahwa hubungan diplomatik dengan Norwegia akan terputus apabila Liu Xiaobo dianugerahi Hadiah Nobel tersebut.

Menteri Perikanan Norwegia Lisbeth Berg-Hansen telah berada di Tiongkok untuk sebuah pertemuan dengan seorang pejabat Tiongkok pada hari Rabu di Shanghai.

Komite yang menganugerahkan Hadiah Nobel untuk Perdamaian tersebut berkedudukan di Norwegia, tetapi beroperasi secara independen.

XS
SM
MD
LG