Tautan-tautan Akses

AS

Isteri Mantan Gubernur Virginia Dihukum Penjara Karena Korupsi


Mantan Gubernur Virginia, Bob McDonnell (kanan) dan istrinya Maureen (tengah) meninggalkan pengadilan Federal di Richmond, Virginia. 19 Mei 2014 (Foto: dok).

Mantan Gubernur Virginia, Bob McDonnell (kanan) dan istrinya Maureen (tengah) meninggalkan pengadilan Federal di Richmond, Virginia. 19 Mei 2014 (Foto: dok).

Pasangan suami-isteri McDonnell, terbukti bersalah bulan September tahun lalu karena memberi berbagai kemudahan dan fasilitas kepada CEO perusahaan suplemen nutrisi dengan imbalan hadiah dan uang senilai $165.000.

Tim pengacara pembela mengatakan perasaan terhina di depan masyarakat selama berlangsungnya peradilan korupsi, sudah merupakan hukuman bagi isteri mantan gubernur Virginia, Maureen McDonnell.

Oleh karena itu, mereka memohon kepada hakim agar McDonnell agar klien mereka diberi keringanan untuk tidak menjalani masa tahanan di penjara, pada saat dia divonis atas delapan dakwaan, hari Jumat lalu.

Alasan tim pengacara, hal tersebut sudah merupakan masa percobaan tahanan dan keharusan melakukan pelayanan masyarakat selama empat ribu jam, sudah pantas bagi Maureen.

Tim jaksa tidak sepakat. Menurut mereka, isteri mantan gubernur secara langsung ikut serta melakukan tindak korupsi suap, dan hukuman penjara 18 bulan adalah wajar.

Masa tahanan tersebut enam bulan lebih singkat daripada hukuman dua tahun yang diterima mantan gubernur Bob McDonnell bulan lalu, atas 11 dakwaan yang terbukti dilakukannya.

Suami-isteri McDonnell tersebut terbukti bersalah bulan September tahun lalu karena memberi berbagai kemudahan dan fasilitas kepada CEO perusahaan suplemen nutrisi dengan imbalan hadiah dan uang senilai $165.000.

XS
SM
MD
LG