Tautan-tautan Akses

Isteri dan Pengacara Ai Weiwei Persoalkan Tuduhan Penggelapan Pajak


Seniman ternama Tiongkok Ai Weiwei dituduh menghindari pajak ratusan ribu dolar.

Seniman ternama Tiongkok Ai Weiwei dituduh menghindari pajak ratusan ribu dolar.

Para pengacara mengeluh tidak bisa mengajukan pembelaan yang wajar tanpa dokumen pajak yang disita dari rumah dan kantor Ai WeiWei.

Isteri dan pengacara seniman Tiongkok Ai Weiwei hadir di kantor pajak setempat hari Kamis untuk mempertanyakan tuduhan bahwa seniman itu telah menghindari pajak berjumlah ratusan ribu dolar.

Isteri Ai, Lu Qing, hadir pada sidang itu bersama tim pengacara perusahaan rancang bangun “Beijing Cultural Development, yang dipimpin Lu. Para pengacara mengeluh mereka tidak bisa mengajukan pembelaan yang wajar tanpa dokumen pajak yang relevan, yang disita dari rumah dan kantor Ai pada saat penahanannya.

Ai adalah salah seorang seniman paling terkenal di Tiongkok dan telah memamerkan karyanya di berbagai galeri paling bergengsi di dunia. Pengecam keras kebijakan pemerintah itu ditangkap tanggal 3 April pada puncak penumpasan terhadap para disiden. Ketika itu sejumlah pengacara dan aktivis ditangkap atau hilang.

Pihak berwenang mendakwa Ai dengan pengelakan pajak dan kemudian membebaskannya dengan jaminan akhir bulan lalu.

Urs Meile memiliki sebuah galeri seni di Beijing dan ia adalah n teman baik Ai. Baru-baru ini dia melewatkan beberapa hari bersama artis itu di Beijing dan mengatakan Ai keluar dari tahanan selama 81 hari dalam keadaan sehat. Hari Kamis Meile berbicara dengan VOA News dan mengatakan Ai tetap bersikap optimistik.

XS
SM
MD
LG