Tautan-tautan Akses

Isteri Aktivis HAM Terkemuka Tiongkok Tengok Suaminya di Penjara


Aktivis HAM ternama Tiongkok, Hu Jia (kanan) dan isterinya, Zeng Jinyan.

Aktivis HAM ternama Tiongkok, Hu Jia (kanan) dan isterinya, Zeng Jinyan.

Isterinya mengatakan, aktivis Hu Jia dilarang berbicara kepada media selama satu tahun setelah pembebasannya hari Minggu.

Isteri seorang aktivis HAM terkemuka Tiongkok mengatakan dia telah dibawa untuk melihat suaminya di penjara menjelang pembebasannya yang dijadwalkan hari Minggu.

Zeng Jinyan, isteri aktivis terkemuka Hu Jia, menulis di akun Twitternya dan mengukuhkan kepada wartawan bahwa dia ditahan oleh delapan orang pria ketika dia tiba dari Tiongkok selatan di bandara Beijing hari Minggu. Dia mengatakan dia dibawa untuk melihat suaminya hari Senin dan sejak itu telah diizinkan kembali ke rumahnya di Beijing.

Zeng menolak dalam wawancara melalui e-mail untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan lain mengenai rencana pembebasan Hu, dan meminta maaf kepada “kawan-kawan media”-nya. Dia mengatakan suaminya secara legal dilarang berbicara kepada media selama satu tahun setelah pembebasannya.

Hu, seorang pengkampaye HAM terkemuka untuk korban AIDS dan tujuan-tujuan lain, dipenjarakan selama tiga setengah tahun atas tuduhan subversi menjelang Olimpiade 2008. Tahun itu dia dianugerahi hadiah Shakarov, hadiah HAM tertinggi dari parlemen Eropa.

XS
SM
MD
LG