Tautan-tautan Akses

Israel Tuntut PBB Cabut Laporan soal Serbuan atas Warga Sipil Gaza Tahun 2008


Hakim Afrika Selatan, Richard Goldstone mengatakan ada kekeliruan dalam laporannya soal serbuan pasukan Israel ke Jalur Gaza tahun 2008.

Hakim Afrika Selatan, Richard Goldstone mengatakan ada kekeliruan dalam laporannya soal serbuan pasukan Israel ke Jalur Gaza tahun 2008.

Laporan PBB itu menuduh pasukan Israel dengan sengaja menyerang warga sipil dalam serbuan ke Jalur Gaza bulan Desember 2008.

Israel menuntut PBB supaya menarik laporan yang menuduh pasukannya dengan sengaja menyerang warga sipil dalam serbuan tiga minggu ke Jalur Gaza bulan Desember tahun 2008.

Hakim Afrika Selatan, Richard Goldstone, penyusun laporan itu, mengatakan, tuduhan yang dimuat dalam laporan itu agaknya keliru. Kata Goldstone dalam sebuah tulisan yang dimuat harian Washington Post, kalau ia tahu apa yang diketahuinya sekarang, laporan PBB itu akan lain bunyinya. Tapi ia menambahkan, laporan yang disusun oleh stafnya itu dipersulit oleh penolakan Israel untuk bekerja sama.

Goldstone juga mengatakan ia yakin bahwa komisi HAM PBB yang memerintahkan pembuatan laporan itu biasanya bias terhadap Israel.

Laporan Goldstone itu menuduh pasukan-pasukan Hamas bertanggung jawab atas serangan-serangan atas warga Israel. Tuduhan ini tidak dicabut oleh Goldstone. Kira-kira 1.400 orang tewas, kebanyakan warga Palestina dan kerugian di pihak Israel sebanyak 13 orang tewas.

XS
SM
MD
LG