Tautan-tautan Akses

Israel Tuduh Suriah Bunuh Rakyatnya Sendiri


PM Israel Benjamin Netanyahu menuduh pemerintah Suriah membunuh rakyatnya sendiri (foto: dok).

PM Israel Benjamin Netanyahu menuduh pemerintah Suriah membunuh rakyatnya sendiri (foto: dok).

PM Israel Benyamin Netanyahu hari Minggu menuduh Suriah membantai rakyatnya sendiri dengan bantuan Iran dan kelompok militan Libanon Hezbollah.

Wakil Perdana Menteri Israel, Shaul Mofaz juga menuduh pemerintah Suriah melakukan genosida dan menyerukan dilancarkannya intervensi militer internasional.

Kelompok oposisi utama Suriah yang tinggal di pengasingan telah memilih seorang tokoh Kurdi untuk menyatukan kelompok itu setelah terjadi perpecahan berbulan-bulan di antara mereka.

Tokoh-tokoh senior kelompok Dewan Nasional Suriah itu memilih Abdulbaset Sieda sebagai pemimpin baru dalam pertemuan yang diadakan di Istanbul, Turki, yang berlangsung sampai hari Minggu dinihari.

Kata Sieda kepada wartawan, Dewan Nasional Suriah itu harus terus mengadakan reformasi dan mengikut-sertakan lebih banyak tokoh oposisi. Ia akan mengusahakan supaya dewan itu akan menjadi wakil-wakil rakyat Suriah yang sesungguhnya.

Abdulbaset Sieda yang berumur 50-an tinggal sejak lama di Swedia, tapi tokoh-tokoh Dewan Nasional lainnya menyebut Sieda sebagai tokoh pemersatu untuk menggantikan Burhan Ghaliun yang mundur bulan lalu karena mendapat kecaman keras dari dewan yang dipimpinnya.

Para pemimpin Dewan Nasional Suriah terlibat dalam persaingan sengit, sejak dibentuk tahun lalu sebagai saingan pemerintahan Presiden Bashar al-Assad.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG