Tautan-tautan Akses

Israel Tuduh Hamas Culik 3 Remaja


PM Benjamin Netanyanyu hari Minggu (15/6) menyalahkan Hamas atas penculikan 3 remaja Israel (foto: dok).

PM Benjamin Netanyanyu hari Minggu (15/6) menyalahkan Hamas atas penculikan 3 remaja Israel (foto: dok).

PM Israel Benjamin Netanyanyu hari Minggu (15/6) menyalahkan kelompok Hamas atas penculikan 3 remaja Israel, satu di antaranya warga AS.

Israel menuduh Hamas telah menculik tiga remaja yang hilang pekan lalu, dan telah menangkap 80 warga Palestina di dekat Hebron di mana ketiga remaja itu hilang. Sebagian besar yang ditangkap Sabtu malam adalah anggota-anggota Hamas.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyanyu hari Minggu (15/6) menyalahkan Hamas atas penculikan itu.

Netanyahu mengatakan hilangnya ketiga remaja itu merupakan hasil pembentukan pemerintah Palestina bersatu antara Fatah dan Hamas. Israel menilai Hamas adalah organisasi teroris.

Tetapi juru bicara Palestina Ehab Bseiso menolak pendapat itu dan mengecam Israel atas apa yang disebutnya sebagai “hukuman kolektif” terhadap warga Palestina yang “tinggal di propinsi Hebron”. Bseiso mengatakan ketiga remaja Israel hilang di daerah Tepi Barat yang dikuasai Isarel dan Otoritas Palestina kini bekerjasama dengan Israel guna mencari mereka.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry menggambarkan penculikan itu sebagai “tindakan teroris yang keji” dan menyerukan pembebasan ketiga remaja itu segera. Kerry mengatakan “banyak indikasi yang mengarah pada keterlibatan Hamas”, dan menambahkan organisasi itu banyak melakukan penculikan pada masa lalu.

Pejabat-pejabat Israel mengatakan ketiga remaja itu – termasuk seorang remaja yang memiliki paspor Amerika – diyakini diculik hari Kamis (12/6) lalu.
XS
SM
MD
LG