Tautan-tautan Akses

Israel Tewaskan Pejabat Keuangan Hamas


Serangan udara Israel menghantam rumah keluarga Mohammed Al Ghoul di kota Rafah, Jalur Gaza (3/8). Al Ghoul tewas dalam serangan hari Minggu 24/8.

Serangan udara Israel menghantam rumah keluarga Mohammed Al Ghoul di kota Rafah, Jalur Gaza (3/8). Al Ghoul tewas dalam serangan hari Minggu 24/8.

Militer Israel mengatakan serangan udara terhadap sebuah mobil menewaskan Mohammed Al Ghoul di kota Gaza hari Minggu (24/8).

Israel kembali menarget pimpinan Hamas dengan menewaskan seorang pejabat penting keuangan Hamas yang dikatakan “bertanggungjawab terhadap transaksi dana teror”.

Militer Israel mengatakan serangan udara terhadap sebuah mobil menewaskan Mohammed Al Ghoul di kota Gaza, hanya beberapa hari setelah serangan lain yang menewaskan tiga komandan Hamas.

Israel menggambarkan Ghoul sebagai “aktor penting Hamas” yang membantu pengiriman uang untuk membangun infrastruktur teror di Gaza, termasuk terowongan-terowongan yang digunakan militan Hamas untuk menyusup ke Israel guna melancarkan serangan. Beberapa saksi mata mengatakan sejumlah uang dolar ditemukan di puing mobilnya.

Ghoul merupakan satu dari sedikitnya 12 warga Palestina yang tewas ketika Israel melancarkan 27 serangan udara hari Minggu terhadap Jalur Gaza yang dikuasai Hamas. Militer Israel mengatakan Hamas menembakkan 50 roket ke arah Israel, meskipun tidak ada laporan tentang korban jiwa. Tiga orang luka-luka akibat serangan Hamas di dekat perbatasan penyebrangan utama Gaza di Erez.

Serangan terbaru dalam konflik yang sudah berlangsung selama 48 hari ini terjadi sewaktu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memperingatkan warga Gaza untuk meninggalkan lokasi-lokasi di mana militan Hamas beroperasi, dengan mengatakan lokasi itu akan diserang. Ia berbicara setelah serangan udara Israel meluluhlantakan sebuah gedung bertingkat tujuh di Rafah, beberapa jam setelah serangan lainnya merobohkan sebuah gedung apartemen bertingkat 12.

Dalam perkembangan lainnya tembakan roket dari Suriah hari Minggu jatuh di kawasan terbuka di dataran tinggi Golan yang dikuasai Israel. Belum ada laporan soal korban jiwa dan belum jelas siapa yang menembakkan roket tersebut.

Mesir telah mendesak Israel dan Palestina untuk menerima gencatan senjata permanen dan kembali melakukan perundingan tidak langsung di Kairo, sementara kedua pihak tetap saling melancarkan serangan satu sama lain.

XS
SM
MD
LG