Tautan-tautan Akses

Israel Serang Pangkalan Militer Suriah


Sebuah pesawat tempur F-15 Israel (foto: dok). Pesawat tempur Israel kembali menyerang pangkalan militer Suriah.

Sebuah pesawat tempur F-15 Israel (foto: dok). Pesawat tempur Israel kembali menyerang pangkalan militer Suriah.

Sasaran serangan Israel kemungkinan adalah rudal Rusia yang dikhawatirkan Israel akan dialihkan ke kelompok militan Hizbullah di Lebanon.

Para pejabat Amerika mengatakan pesawat-pesawat tempur Israel telah menyerang sebuah pangkalan militer Suriah di dekat kota pelabuhan Latakia.

Para pejabat yang berbicara kepada media Amerika hari Kamis dengan syarat tidak disebutkan jatidirinya, mengatakan sasarannya kemungkinan adalah rudal Rusia yang dikhawatirkan Israel akan dialihkan ke kelompok militan Hizbullah di Lebanon.

Hizbullah selama ini mendukung pemerintah Suriah dalam perang saudara melawan pemberontak.

Suriah dalam perang melawan pemberontak Muslim Suni. Hizbulah juga bertempur melawan Israel – negara Yahudi itu.

Baik para pejabat Israel maupun para pejabat Suriah tidak mengukuhkan serangan terhadap pangkalan udara Suriah itu, yang diserang Rabu malam atau Kamis pagi. Tidak jelas apakah serangan itu berhasil menghancurkan misil-misil tersebut.

Israel dilaporkan telah menyerang pengiriman misil Rusia atau Iran di Suriah paling tidak tiga kali tahun ini, meskipun Israel belum mengukuhkan serangan-serangan itu secara terbuka.

Suriah dengan kuat memprotes intervensi militer Israel tersebut, tetapi sejauh ini belum melaksanakan ancamannya untuk melakukan pembalasan.
XS
SM
MD
LG