Tautan-tautan Akses

Israel Pertimbangkan Kembali Blokade Gaza


Israel bertekad untuk menggeledah setiap kapal yang menuju daerah Palestina itu guna menegakkan embargo senjata.

Israel sedang memikirkan kembali blokade angkatan lautnya terhadap Gaza, setelah kehebohan akibat penggrebekan komando yang menewaskan 9 orang aktivis pro-Palestina, termasuk seorang warga Amerika asal Turki yang berusia 19 tahun.

Para pejabat Israel mengatakan Kamis malam Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sedang mempertimbangkan cara-cara mempermudah barang sipil masuk ke Gaza. Namun, mereka mengatakan Israel bertekad untuk menggeledah setiap kapal yang menuju daerah Palestina itu guna menegakkan embargo senjata.

Dalam wawancara dengan televisi CNN Kamis malam, Presiden Amerika Barack Obama mengakui keprihatinan keamanan Israel tetapi menyebut keadaan itu tragis dan menyatakan harapan agar keadaan tersebut dapat memberi kesempatan untuk memajukan proses perdamaian Timur Tengah.

Sementara itu, paling sedikit 10 ribu orang pelayat – sebagian meneriakkan slogan anti-Israel – berkumpul di Istanbul hari Kamis pada pemakaman 8 orang korban yang meninggal. Para pejabat Palestina mengatakan Presiden Palestina Mahmoud Abbas akan berkunjung ke Turki pekan depan, sebelum terbang ke Washington untuk bertemu dengan Presiden Obama.

XS
SM
MD
LG