Tautan-tautan Akses

Israel, Palestina Gulirkan Perundingan di Washington


Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Menlu AS Hillary Clinton dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas bertemu di Ruang Biru, Gedung Putih hari ini.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Menlu AS Hillary Clinton dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas bertemu di Ruang Biru, Gedung Putih hari ini.

Menlu Hillary Clinton mengawasi perundingan antara Netanyahu dan Abbas dan berharap persetujuan dapat dicapai dalam satu tahun.

Para pemimpin Israel dan Palestina bertemu di Washington hari ini, untuk melakukan perundingan langsung perdamaian yang pertama dalam kurun hampir dua tahun belakangan ini.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mengawasi perundingan antara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Para pejabat Amerika mengatakan, mereka berharap persetujuan dapat dicapai dalam satu tahun.

Netanyahu dan Abbas pada hari Rabu sama-sama menyatakan berkomitmen terhadap upaya-upaya perdamaian, menyusul pertemuan terpisah mereka dengan Presiden Amerika Barack Obama di Gedung Putih.

Obama mengatakan ia berharap perdamaian dapat dicapai. Menurutnya, kedua pihak menyadari bahwa rasa saling curiga selama bertahun-tahun tidak akan lenyap dalam semalam.

Berbagai rintangan masih menghadang, termasuk di antaranya ancaman kekerasan. Ini tergambar dalam dua serangan selama dua hari terakhir yang menewaskan empat pemukim Israel. Kelompok militan Palestina, Hamas mengaku bertanggungjawab atas serangan itu dan pada hari Kamis bertekad akan melanjutkan serangan. Israel menanggapinya dengan meningkatkan keamanan.

XS
SM
MD
LG